7 Makanan yang Membantu Mencegah Stunting

23.33 0 Comments

Gangguan pertumbuhan menjadi salah satu masalah kesehatan yang harus menjadi perhatian orang tua. Gangguan kesehatan yang lebih dikenal dengan istilah stunting ini membuat proses pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan lebih lambat dibandingkan anak-anak seusianya. Penyebabnya biasanya adalah gizi buruk, stimulasi psikososial yang buruk, serta infeksi berulang.

Selain itu, bayi yang tidak mendapatkan asupan gizi baik sejak dalam kandungan juga berisiko terkena gangguan kesehatan. ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan terbaik untuk bayi hingga mereka berusia enam bulan. Setelah itu, mereka harus mendapatkan MPASI dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Berikut ini adalah tujuh pilihan makanan yang bisa membantu mencegah gangguan pertumbuhan:

Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung banyak gizi mulai dari protein, vitamin, hingga kolin. Satu butir telur untuk Si Kecil ternyata mampu mencegah mereka dari gangguan pertumbuhan. Penyajiannya bisa beraneka ragam sesuai dengan selera anak. Anda bisa merebus, menggoreng, atau membuatnya menjadi telur dadar.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, hingga lemak sehat. Semua nutrisi tersebut bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan. Apalagi ada serat yang bisa menjaga kesehatan saluran cerna. Namun saat membuat oatmeal, sebaiknya Anda menghindari terlalu banyak gula. Pasalnya gula bisa menyebabkan obesitas pada anak.

Daging Merah

Bukan hanya lezat saja, daging merah juga sehat dan bisa mencegah terjadinya stunting atau gangguan pertumbuhan. Daging sapi merah memiliki beberapa kandungan penting seperti zat besi, asam amino, dan juga protein. Zat besi bisa mencegah terjadinya anemia yang membuat pertumbuhan Si Kecil terganggu. Anda bisa menambahkan sayur saat memasak daging merah agar semakin bernutrisi.

Daging Ayam

Daging ayam menjadi salah satu sumber protein hewani terbaik untuk anak. Variasi masakan dari daging ayam juga cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan selera Si Kecil. Untuk anak yang baru mengkonsumsi MPASI, Anda bisa membuat bubur yang lembut. Gunakan food processor untuk menghancurkan makanan agar mudah dicerna oleh Si Kecil. Jika anak sudah agak dewasa, variasi masakannya lebih banyak.

Ikan 

Ikan mengandung protein yang bermanfaat untuk membangun otot dan tulang. Selain itu, beberapa jenis ikan juga mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak, perkembangan mata, dan lain sebagainya. Adapun ikan yang bisa diberikan pada Si Kecil yaitu tuna, salmon, dan juga sarden.

Yogurt

Kalsium juga menjadi salah satu jenis gizi terpenting untuk mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan. Yogurt adalah makanan sehat yang mengandung kalsium tinggi. Rasanya juga lezat dan disukai oleh banyak anak. Biasanya orang tua memberikan Yogurt sebagai cemilan atau makanan penutup.

Buah-buahan Beri

Buah-buahan adalah makanan yang wajib diberikan pada Si Kecil dalam masa tumbuh kembang. Pasalnya makanan ini memiliki kandungan vitamin maupun mineral yang penting untuk anak. Salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk mencegah gangguan pertumbuhan adalah buah beri. Buah beri seperti bluberi dan stroberi mengandung antioksidan, vitamin C, dan juga fitokimia. Manfaatnya untuk melindungi sel dari kerusakan dan juga meningkatkan imunitas.

Itulah pilihan makanan yang bisa membantu mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan. Pastikan Si Kecil mendapatkan asupan protein, zink, zat besi, vitamin D, dan kalsium yang cukup untuk pertumbuhan yang optimal. Jika Anda adalah profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak, bergabung dengan Nutricia Professional akan memberikan banyak keuntungan. Platform tersebut berisi informasi terbaru mengenai bidang pediatri dan nutrisi anak. Ada beberapa fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh member. Untuk mendaftar member Nutricia Professional, Anda bisa mengakses website www.nutriciaprofessional.id. 

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: