Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Panel ATS

22.05 0 Comments

Penggunaan ATS atau Automatic Transfer Switch sangat berguna dalam memindahkan aliran sumber listrik dari PLN ke genset, saat terjadinya pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba, dan sebaliknya memindahkan aliran listrik dari genset ke listrik PLN jika alirannya sudah normal kembali. Perpindahan ini dilakukan secara otomatis tanpa harus dilakukan secara manual, sehingga lebih efisien dan lebih mudah. 
Untuk lebih memudahkan dalam mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka digunakan pula panel AMF. Berbeda dengan fungsi pada panel listrik ATS, panel AMF ini berperan dalam menghidupkan serta mematikan mesin genset jika aliran listrik utama dari PLN mengalami pemutusan atau padam. Untuk anda yang akan menggunakan panel-panel ini, secara umum terdapat dua jenis panel listrik ATS dan panel AMF yang bisa anda pilih yaitu yang digital dengan panel yang konvensional. 

Dan sebelum anda memutuskan dalam memilih diantara keduanya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memilihnya, yaitu sebagai berikut : 

  • Pada panel listrik ATS dan AMF yang digital. 
Pada produk panel digital memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang konvensional. Diantaranya yaitu pada adanya fitur-fitur yang berfungsi dalam menjaga serta mengontrol bagaimana kondisi mesin supaya ada dalam keadaan yang baik, dengan fitur ini pula kemungkinan akan terjadinya mesin yang rusak parah dapat dihindari. 

Selain itu dalam panel digital juga terdapat fitur antarmuka yang dapat membantu dalam memasukan parameter pengontrolan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun pada panel ATS dan AMF yang digital ini memiliki harga yang lumayan tinggi, sehingga anda harus telah menyiapkannya terlebih dahulu. 

  • Pada panel ATS dan AMF yang konvensional. 
Berbeda dengan yang digital karena sudah modern, digital yang konvensional ini juga tetap memiliki pelanggannya masing-masing. Jika dilihat dari keunggulan yang dimiliki tentu saja pada panel konvensional ini tidak seandal pada panel listrik ATS yang digital. Misalnya seperti pada banyaknya kabel yang ada sehingga jika terjadi perbaikan akan cukup mengganggu kinerja yang dilakukan. 

Selain itu jika pada panel digital dapat secara otomatis dapat mematikan atau menghidupkan serta memindahkan daya, maka pada panel konvensional ini tidak dilengkapi dengan alat-alat yang dapat melakukannya. Hal ini tentu saja berakibat pada cepat rusaknya mesin jika terus menerus terjadi yang namanya kerusakan. Karena hal tersebut dalam harga jualpun panel listrik ATS ini jauh lebih murah dibandingkan yang digital.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: