Indikator Kesehatan Jantung

23.03 0 Comments

Indikator Kesehatan Jantung
Jantung adalah organ tubuh yang memiliki peranan vital dalam tubuh manusia. Walaupun memiliki ukuran yang kecil yaitu kurang lebih sebesar kepalan tangan orang dewasa organ ini bekerja hampir tidak pernah berhenti sepanjang hidup manusai. 

Karena tugasnya yang sangat penting menjadikan jantung sebagai organ yang paling utama untuk dijaga kesehatannya. Jika kesehatan jantung kita mengalami gangguan sedikit saja hal ini akan dapat berimbas secara langsung ke seluruh tubuh kita. 

Fungsi utama jantung adalah mengangut karbon dioksida atau CO2 sisa metabulisme tubuh dari suluruh tubuh lalu menukarnya dengan gas olsigen atau O2 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolismenya. 

Maka jika ada gangguan fungsi jantung sedikit saja hal tersebut akan menggangu pertukaran gas yang harusnya terjadi setiap saat di dalam tubuh, sehingga efeknya akan langsung dirasakan oleh tubuh kita. 

Gejala yang paling ringan biasnya lemas hingga sakit yang tiada terkira pada rongga dada sebelah kiri atas dimana jantung berada. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung dengan baik merupakan hal yang harus anda lakukan. 

Ada beberapa idikator yang dapat menjadi ukuran kesehatannya, berikut diantaranya : Tekanan jantung, jantung berfungsi memompad darah dari jantung ke peru – paru dan dari jantung ke seluruh tubuh, sehingga ketika jntung memomp akan timbul tekanan disana. 

Tekanan tersebut disebit tekanan sistol dan diastol. Untuk jangtung yang sehat memiliki nilai tekanan 120/80. Jika tekanan jantung lebih tinggi dari itu maka hal tersbut mengindikasikan kita menderita ganguan hiperteni dan jika sebaliknya yaitu takanan darah kurung dari itu maka indikasi dari hipotensi. 

Detak jantung atau nadi, jantung akan bekerja secara ritmis dan teratur sepanjang hidup ,pada saat ia memompa darah maka ia akan menghentak, hentakan itulah yang disebut sebagai nadi. Untuk jantung yang normal dan sehat memiliki denyut nadi berkisar antara 80 hingga 100 kali dalam satu menit. Jika denyutan tersebut diluar dari itu maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Pantaulah selalu dua indikator kesehatan jantung di atas, agar jika terjadi gangguan pada jantung dapat ditangani dengan cepat sebelum terlambat.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: