Berita Timur Tengah Terkini Negosiasi Amerika Serikat dan Irak

00.31 0 Comments

Penolakan Iran terhadap tawaran negoisasi dari Amerika Serikat mengenai dugaan Amerika Serikat bahwa Iran telah melakukan ujicoba program senjata nuklir kembali menjadi Berita Timur Tengah Terkini diberbagi media, termasuk media nasional Indonesia seperti matamatapolitik.com. sebagaimana diketahui, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Iran. Negara Iran dianggap bersalah karena disinyalir telah melakukan ujicoba program senjata atom atau senjata nuklir yang bertempat di teheran. 

Amerika Serikat menghimbau dan memperingatkan agar Iran menghentikan ujicoba program senjata nuklirnya, namun Iran tidak mengindahkan peringatan Amerika Serikat tersebut dan bersikeras tetap melakukan ujicoba program senjata nuklir. Tentu hal tersebut membuat marah Amerika Serikat, sehingga Amerika Serikat menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Iran. Sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika tersebut tidak sedikitpun membawa hasil seperti yang diharapkan Amerika. Pada kenyataannya Iran tetap menjalankan program senjata nuklir, walaupun perekonomian negara Iran sedikit tersendat akibat embargo ekonomi dari Amerika, namun pemerintah Iran seperti tidak menghiraukannya. 

Seperti dilansir dari beberapa media, baik dari media nasional maupun media internasional bahwa Amerika Serikat kembali menawarkan negoisasi atau menawarkan kembali perundingan mengenai sanksi ekonomi yang telah dijatuhkan Amerika Serikat terhadap Iran. Pihak Amerika bersedia mencabut sanksi ekonomi asalkan Iran juga menghentikan ujicoba program senjata nuklirnya. Amerika berharap kali ini Iran tidak akan mampu menolak tawaran negosiasi untuk menghentikan program senjata nuklirnya. Namun kenyataannya Amerika salah memprediksi sikap pemerintah Iran. Iran kembali menolak berunding dan bernegosiasi dengan pemerintah Amerika Serikat. 

Hal ikhwal penawaran negoisasi baru tersebut. Sebetulnya negosiasi tersebut bermula dari tawaran pemerintah Prancis, agar pemerintah Amerika dan Iran mengadakan perundingan dan negosiasi baru yang bertempat di Swiss. Pemerintah Prancis beranggapan perekonomian di negara Iran sudah sangat terpuruk akibat sanksi ekonomi internasional yang dimotori oleh Amerika terutama mengembargo perminyakan di negara Iran. Penawaran pertama Amerika adalah meminta Iran untuk menghentikan sementara program senjata nuklirnya selam 10 tahun, sebagai gantinya Amerika akan mencabut sanksi ekomoni terhadap Iran. Namun pemerintah Iran di teheran tetap membantah telah melakukan program senjata nuklir secara diam-diam, dan beranggapan pemerintah Amerika tidak bisa menunjukkan bukti apapun terkait ujicoba program senjata nuklir di teheran Iran. 

Kesimpulan sementara dari negosiasi tersebut Amerika menganggap pemerintah Iran tidak menunjukkan keseriusan yang bisa membawa pada alternatif pemecahan masalah atau solusi yang bisa dilaksanakan. Negosiasi yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut ini seakan kesia-siaan yang tidak membuahkan hasil, namun begitu menurut kementerian luar negri Amerika Serikat, negosiasi ini telah mendekati hasil dibandikan dengan negosiaisi yang digelar sebelumnya. Kita tunggu perkembangan selanjutnya mengenai berita Timur Tengah terkini dari media-media dan situs-situs seperti diantaranya situs online website matamatapolitik.com.

kampungan 007

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: