Tips dan Resep Membuat Soto Ayam Kuning

15.52 , , 0 Comments

bumbu masak instan

Banyak sekali makanan khas Indonesia yang mempunyai rasa yang lezat. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas makanan dan ciri khas rasa. Soto ayam kuning merupakan makanan khas Jawa Tengah yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini rasanya gurih segar, apalagi jika ditambah dengan nasi yang hangat. Sebenarnya kuah yang biasa Anda temukan berkuah bening. Namun karena zaman yang sudah semakin modern, maka di inovasi menjadi soto berkuah kuning. Kuah yang berwarna kuning ini karena dicampur dengan bahan rempah kunyit. Selain menggunakan kunyit, soto ayam kuning ini harus ditambahkan dengan masako rasa ayam agar rasanya semakin nikmat. Sekarang ini sudah banyak sekali bumbu masak instan yang akan membuat Anda bisa lebih mudah untuk membuat berbagai masakan dengan cita rasa yang khas.

Berikut ini tips dan resep cara membuat soto ayam kuning. Pertama siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu 1 ekor ayam, 1 batang serai, 2 daun salam, 2 lembar daun jeruk, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, merica butiran dan garam. Cara membuatnya yaitu :

  • Didihkan terlebih dahulu air, kemudian masukan ayam ke air yang sudah mendidih sampai ayamnya menjadi lunak
  • Masukkan bumbu-bumbu halus yang sudah disiapkan tadi
  • Masukan bumbu tadi ke dalam rebusan ayam
  • Setelah matang, angkatlah ayam yang sudah di rebus
  • Goreng ayam yang sudah direbus sampai kulit ayam menjadi kering
  • Suwiran daging ayam secara kasar
  • Susunlah ayam, soun, tauge kedalam mangkuk
  • Tuangkanlah kaldu ke dalam mangkuk
  • Sajikanlah dengan bawang daun, bawang goreng dan jeruk nipis

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa bumbu masak instan soto ayam kuning bisa Anda buat sendiri di rumah dengan gabungan berbagai rempah-rempah dan ditambahkan bumbu masako agar mempunyai rasa yang lezat. Untuk mendapatkan soto ayam kuning yang khas, alangkah baiknya menggunakan ayam negeri. Ketika merebusnya kurangi air rebusannya karena ayam negeri ini cepat lunak dan banyak mengandung air. Sajikanlah soto ayam kuning ini dalam keadaan panas agar bisa lebih nikmat ketika di makan. 

Itulah cara membuat soto ayam kuning khas jawa tengah. Anda tidak boleh asal memilih bumbu masak instan karena akan sangat berpengaruh terhadap rasa soto itu sendiri.




Irsan Erlangga

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: