Teknologi Indonesia di Bidang Pertanian

23.18 0 Comments

teknologi indonesia
Teknologi di bidang pertanian sangat perlu dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam mengolah sawah mereka. Pertanian sendiri merupakan bidang yang mempunyai peran untuk memaksimalkan bahan pangan dari tumbuhan. 

Dalam sistem pertanian ada beberapa tahap yang dilakukan seperti pemilihan benih, perawatan tanaman, proses pemanenan, peningkatan hasil panen, rekayasa hasil budidaya, dan pemasaran produk pertanian. Untuk itu adanya teknologi indonesia di bidang pertanian mempunyai peran besar dalam mengembangkan alat produksi, pemanfaatan pertanian, dan sistem irigasi. Sekarang ini teknologi pertanian terus berkembang guna memajukan indonesia di bidang pertanian.
teknologi indonesia
Berikut ada beberapa daftar teknologi indonesia yang di kembangkan di bidang pertanian:

Aplikasi pemantau tanaman

Teknologi yang dikembangkan dalam sektor pertanian adalah aplikasi pemantau tanaman yang mampu mengukur tingkat kelembaban dan nutrisi yang terkandung dalam suatu tanaman. Aplikasi ini diciptakan dengan tujuan mengurangi tingkat kerusakan tanaman sehingga mampu meningkatkan hasil panen. Aplikasi pemantau tanaman ini dikembangkan oleh perusahaan Habibie Garden yang mana aplikasi tersebut dinamai Habibi. 

Penggunaan dari aplikasi pemantau tanaman Habibi tersebut bisa dibilang sangat sederhana dimana anda hanya perlu untuk meletakkan sebuah alat di tanah. Setelah itu, anda bisa melihat data-data berupa kadar air, kelembaban, cahaya, temperatur, dan nutrisi yang diproses ke aplikasi yang ada di smartphone anda. Selanjutnya anda akan ditampilkan pengontrol Habibi dosis pump yang memberikan informasi mengenai pemberian air dan pupuk pada tanaman dengan dosis yang tepat dan terukur.

Drone sawah

Sistem pertanian di kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah tengah memanfaatkan drone untuk membantu kegiatan pertanian disana. Para petani menggunakan drone untuk melakukan penyemprotan pestisida. Dengan memanfaatkan alat ini, penyemprotan pestisida bisa diselesaikan dengan cepat dan efisien. Selain itu, menggunakan drone untuk penyemprotan pestisida memberikan banyak manfaat yaitu proses penyemprotan di lahan yang luas dapat diselesaikan dengan cepat dan mengurangi dampak terkena pestisida bagi petani.

Demikian adalah dua teknologi indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas pertanian. Selain alat yang membantu para petani di bidang pertanian, ada juga beberapa teknologi yang dibuat dari produk pertanian seperti  bio plastik dari bahan singkong, pembangkit listrik dari pohon kedondong, dan helm green composite dari bahan campuran serat tandan dan kelapa sawit.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: