Tips Merawat Kulit dan Rambut Kucing Agar Lebih Sehat dan Bersih

21.41 0 Comments

Rambut Kucing


Kucing adalah hewan yang sangat lucu. Selain memiliki tingkah yang aktif, kucing juga memiliki daya tarik yang lainnya. Seperti hal nya
rambut kucing yang sangat mempesona, hal itu mampu membuat tampilan kucing menjadi lebih menarik perhatian.

Terkadang banyak kucing yang memiliki rambut yang bagus namun tidak sehat dan mudah rontok. Hal itu bisa menjadi ketidaknyamanan dan mengganggu baginya. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat rambut kucing peliharaan mu agar membuatnya lebih sehat, bersih, dan tidak mudah rontok.

Rambut Kucing


Menyisir Rambutnya Secara Rutin

Sebagaimana telah diketahui pada ulasan artikel royal canin, menyisir rambut kucing secara rutin sangat berguna untuk memisahkan rambut yang rontok dan mencegah rambut rontok tertelan oleh kucing. Selain itu, rambut rontok yang masih menempel atau tersangkut dapat menghambat pertumbuhan bagi rambut yang lainnya.

Saat menyisir rambutnya secara teratur, alangkah baiknya Anda menggunakan sisir khusus agar membuatnya merasa nyaman.

Memandikan Kucing

Meski kucing tampak tidak menyukai air yang dapat membasahi rambutnya, tetapi memandikan kucing menjadi hal penting bagi kesehatan nya. Memandikan kucing sangat berguna untuk menghilangkan sisa-sisa rambut yang rontok dan serpihan kulit mati. 

Ajak Kucing Anda Berjemur

Dengan terkena paparan sinar matahari, akan membuat rambutnya menjadi lebih kuat dan menghilangkan jamur ataupun parasit yang menempel padanya.

Perhatikan Makanan Kucing

Ternyata kesehatan rambut seekor kucing, bisa tergantung dari makanan atau pakan yang sering dikonsumsi. Maka dari itu, alangkah baik nya, Anda dapat memilih makanan yang dapat memberikan pengaruh baik bagi kesehatan rambutnya.

Hindari Kucing dari Stres

Stres bisa menjadikan penyebab rontok nya rambut seekor kucing. Anda dapat mulai dengan mengajak main dan lebih perhatian terhadap kucing kesayangan Anda agar terhindar dari stres.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu upaya penting yang bisa Anda lakukan agar mampu membuat kenyamanan dan menjaga dari rambut rontok bahkan kotor bagi kucing Anda.

Kesehatan Kulit Kucing dan Protein

Protein sangat dibutuhkan bagi sel kulit dan juga pertumbuhan rambut yang kuat dalam bentuk keratin. Jika seekor kucing mengalami kekurangan dalam mengkonsumsi protein, maka bisa berdampak pada rambut yang lebih tipis ataupun lebih rapuh sehingga kualitasnya berkurang.

Asam Lemak Esensial dan Kulit Kucing

Asam Lemak Esensial termasuk omega 3, khususnya EPA dan DHA, serta omega 6. Ini akan mampu menjaga kulit kucing Anda dan juga berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan nutrisi akan memberikan dampak seperti rambut yang berantakan atau berubah warna, petak-petak, pengelupasan, dan kehilangan air melalui kulit.

Memberikan Vitamin

Dengan memberikan vitamin pada kucing Anda, akan membantu untuk menjaga kulit dan juga rambutnya agar berfungsi dengan baik. Vitamin A dapat membantu mengatur pertumbuhan sel, sedangkan Vitamin B dapat memetabolisasikan lemak, protein, dan karbohidrat. Selain itu Vitamin E dapat menjadi antioksidan alami yang mendukung sistem kekebalan yang ada pada kulit kucing Anda.

Memberikan Mineral

Memberikan mineral menjadi hal yang penting juga. Mineral yang merupakan kunci untuk kesehatan rambut dan kulit kucing Anda ternyata ada dua, yaitu yang pertama adalah seng yang memiliki peran multifungsi dan sangat penting dalam mekanisme bagi semua sel kucing Anda. Yang kedua yaitu tembaga yang digunakan untuk menghasilkan rambut dan pigmentasinya.


Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: