Cara Alami Menentukan masa subur dengan siklus menstruasi

08.30 0 Comments

Siklus menstruasi atau haid berbeda pada tiap-tiap wanita. Walau rata-rata seputar 28 hari, tetapi namun ada pula yang 24 hari, 30 hari, bahkan juga 35 hari. Siklus yang tidak teratur itu umum kok berlangsung pada wanita yang barusan alami menstruasi. Badan kita perlu saat untuk lakukan penyesuaian pada rutinitas baru. Jadi, dapat saja tuh siklus menstruasi kita yaitu 28 hari sepanjang 3 bln., namun mendadak beralih pada bln. selanjutnya, atau jadi tidak menstruasi sepanjang satu bulan.

Sesudah satu tahun lebih, siklus ini bakal makin teratur. Siklus menstruasi seseorang wanita dihitung dari mulai hari pertama menstruasi atau datang bln., hingga hari pertama menstruasi di bln. selanjutnya. Jadi, bila seseorang wanita alami menstruasi pada tanggal 2 Mei, lantas yang selanjutnya jatuh pada tanggal 31 Mei, jadi siklus menstruasinya berjalan sepanjang 31 dikurangi 2, yakni 29 hari. Jadi, lakukan untuk menandai kalender pada setiap hari pertama menstruasi, per bulannya. Sepanjang menstruasi, darah serta susunan yang terbentuk pada dinding rahim mengalir keluar melalui vagina, ternasuk juga sel telur yang mati lantaran tidak dibuahi oleh sperma. Lama berlangsungnya menstruasi berlainan pada setiap wanita. Ada yang cuma 2 atau 3 hari, atau ada yang hingga 8 hari. Sepanjang masih tetap dibawah 15 hari, masih tetap normal kok. Banyak cairan yang terbuang juga tidak sama dari satu cewek ke cewek lain. Walau kita sukai shock lihat banyak darah yang keluar, namun sesungguhnya itu lumrah serta tidak akan buat kita jadi anemia (kekurangan darah).

Pas pada hari paling akhir menstruasi, badan kita mulai melepas hormon yang memerintahkan rahim untuk terima sel telur baru dari ovarium. Rahim juga mempersiapkan diri dengan kembali menebalkan dindingnya dengan darah serta beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh sel telur supaya dapat berkembang. Sistem ini berjalan s/d hari ke-14 (ingat, hari ke-1 yaitu hari pertama menstruasi kita). Pas pada pertengahan siklus (bila siklus kita 30 hari, bermakna pada hari ke-15), dimulailah ovulasi. Ovulasi yaitu pelepasan sel telur dari ovarium ke rahim lewat saluran yang namanya tuba fallopi. Sepanjang sekian hari (umumnya hingga hari ke-21), sel telur bakal lakukan perjalanan menuju rahim, sembari menunggu dibuahi oleh sperma. Waktu inilah yang di kenal juga sebagai saat subur.


omansuryaman14@gmail.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.