Cara Mengolah Beras Merah

23.10 0 Comments

Beras merupakan bahan pokok orang Indonesia. beras diolah menjadi nasi yang dimakan oleh orang Indonesia. sebagian dari kita mungkin beranggapan jika belum makan nasi maka belum dikatakan sudah makan. Beras memiliki beberapa jenis yaitu beras putih, beras hitam dan beras merah.

Jenis beras putih, banyak di konsumsi oleh orang Indonesia. selain harga beras putih lebih murah dari beras yang lain, sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya. Padahal beras merah lebih bagus kandungannya dari pada beras putih. Beras ini banyak sekali dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Meeka mengganti nasi putih dengan nasi merah untuk asupan kabrohidratnya. Bahkan banyak sekali sekarang ini rumah makan dan restoran yang menyediakan menu makanannya dengan menggunakn nasi merah. Beras ini juga bisa digunakan menjadi bahan pembuat tepung gasol yang bagus sekali jika dikonsumsi ole bayi sebagai pendamping ASI. Bahkan sekarang ini sudah terdapat beras ini yang organik. Harga beras yang organik tentunya lebih mahal daripada beras yang biasa. Berikut ini merupakan masakan olahan dari beras yang cocok bagi anda yang sedang diet dan bagus untuk bayi anda.
Cara Mengolah Beras Merah
 Yang pertama, anda bisa membuat beras merah bakar. Cara membuatnya yaitu pertama-tama anda tumis terlebih dahulu bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, bawang daun, setelah harum, anda bisa memasukkan daging kornet ataupun anda juga bisa menambahkan ampela ayam yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan kecap, garam dan penyedap rasa. Setelah matang sisihkan. Langkah selanjutnya yaitu anda siapkan daun pisang yang sudah di panaskan terlebih dahulu diatas api agar daun tidak mudah sobek. Anda simpan nasi merah diatas daun, kemudian masukan isian yang sudah di tumis tadi, selanjutnya anda lipat secara memanjang dan bagian ujungnya di tusuk dengan lidi agar tidak keluar. Setelah itu anda bakar daun yang berisi nasi tersebut samapi tercium harumnya dan bagian daunnya mongering. Jangan terlalu gosong karena akan mempengaruhi rasanya. Dan nasi merah bakar bisa disantap.

Yang kedua yaitu anda bisa membuat nasi merah tim untuk bayi anda. caranya sama seperti membuat nasi tim biasa. Akan tetapi untuk lebih special lagi, anda bisa menambahkan potongan daging ayam diatanya untuk menambah kelezatan nasi timnya.

yang ketiga, selain dijadikan nasi, tetapi beras ini juga ada yang dijadikan bahan pembuat tepung gasol. Untuk mengolah tepung gasol ini, anda bisa mencampurkan 2 sendok tepung gasol dengan air kira-lira 200ml. aduk sampai rata. Kemudian masak diatas api yang kecil. Aduk-aduk sampai tepung mengental dan menjadi bubur, setelah matang, anda bisa menambahkan susu formula, ASI ataupun perasan air jeruk.

Yang keempat, anda bisa membuat bubur nasi merah yang manis, untuk pembuatan bubur, pengolahannya sama seperti mengolah bubur pada umumnya, akan tetapi untuk bubur manis, di tambahkan gula merah untuk rasa manisnya. Nasi bubur manis ini bisa anda santap ketika bubur masih dalam keadaan hangat.

Yang keempat, anda bisa membuat nasi goreng nasi nasi merah. Untuk cara pembuatannya sama seperti membuat nasi goreng pada umumnya, akan tetapi tidak menambahkan kecap. Karena jika ditambahkan kecap warnanya akan kurang menarik. Sebaiknya untuk nasi goreng nasi merah anda menambahkan cabai merah yang sudah dihaluskan atau cabai rawit agar nasi akan tambah enak, gurih dan pedas. Anda juga bisa menambahkan suiran daging ayam dan sayuran.

omansuryaman14@gmail.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: