4 Kesalahan Saat Pengisian Daya Smartphone

23.38 0 Comments

4 Kesalahan Saat Pengisian Daya Smartphone
Smartphone
Untuk memiliki baterai smartphone yang handal dan awet, anda perlu memperhatikan beberapa kesalahan saat melakukan pengisian daya dan tips menjaga daya tahan baterai smartphone, berikut diantaranya: 

- Menunggu Baterai habis sampai 0%. Hal yang menjadi kesalahan bagi banyak pengguna smartphone ialah terbiasa menunggu baterai habis atau dalam keadaan 0% untuk mengisi daya. Perlu diketahui, saat baterai smartphone 0% membuat daya tahan baterai menjadi menurun hal disebabkan karena saat dikondisi ini samrtphone membutuhkan tegangan untuk menghidupkannya kembali dan membuat baterai dalam keadaan tertekan. Disarankan, pengisian daya pada smartphone sudah bisa dilakukan apabila baterai telah mencapai 30% kebawah. 

- Sering melepas casing saat pengisian daya. Sudah menjadi hal yang lumrah apabila tegangan pada smartphone berasal dari temperaturnya. Nah, saat melakukan pengisian daya, temperatur ini meningkat. Makanya, saat diisi daya, kondisi smartphone sering hangat atau sedikit panas. Nah, saat temperatur naik seperti ini sering melepas casing hanya membuat terperatur smartphone menjadi tidak stabil. Temperatur yang naik turun seperti ini membuat baterai pada smartphone sangatlah beresiko untuk berkurang daya tahannya dengan signifikan. 

- Terlalu Lama Mengisi Daya. Tidak sedikit orang yang sebelum tidur hendak mengisi daya pada gadget atau smartphone agar siap dipakai di pagi hari saat beraktivitas. Sejatinya, pengisian baterai pada smartphone biasanya berlangsung antara 2-3 jam. Apabila anda meninggalkan pengisian daya untuk tidur, secara otomatis pengisian daya pun dilakukan lebih dari 3 jam. Pengisian daya yang terlalu lama ini bisa menimbulkan kondisi panas pada baterai. Apabila kelebihan pengisian daya terjadi begitu sering dan melebihi 2-3 jam, gadget anda berada dalam keadaan beresiko. Kondisi panas pada baterai akan mempengaruhi aspek lainnya pada smartphone dan tidak jarang terjadi kasus meledaknya smartphone atau gadget pintar ini. 

- Poin keempat yang biasa menjadi kesalahan saat melakukan pengisian daya ialah menyimpan smartphone di tempat yang memiliki suhu panas atau tinggi sehingga kondisi smartphone cepat panas dan bisa merusak tidak hanya baterai, tapi komponen lainnya.

Keempat kesalahan dan tips menjaga daya tahan baterai smartphone diatas sebagai cara untuk menjaga kualitas baterai dan komponen smartphone lainnya.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: