Inilah Cara Ganti Oli Sintetik Pada mobil

20.47 0 Comments

ganti oli sintetik

Ganti Oli Sintetik - Bagi anda yang memiliki kendaraan berupa mobil, anda harus senantiasa menjada dan merawat mobil anda tersebut agar mobil anda tersebut awet dan selalu siap digunakan kapan pun. Salah satu bagian terpenting dari mobil yang harus mendapatlan perawatan tersebut adalah mesin. Ya, perawatan mesin mobil mutlak harus anda lakukan secara benar dan rutin sesuai dengan aturan penggantian mesin mobil yang benar. Untuk jenis olinya, disarankan bagi anda untuk menggunakan oli mesin berjenis sintetik. 
ganti oli sintetik

Mengapa demikian ? hal tersebut dikarenakan bahwa oli mesin berjenis sintetik tersebut memiliki berbagai keunggulan seperti lebih stabil pada temperatur tinggi, mengontrol/mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin, sirkulasi lebih lancar pada waktu start, melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin dan tahan terhadap perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien. 

Proses ganti oli sintetik pada kendaraan baik motor atau mobil harus dilakukan secara regular sesuai dengan aturan penggantian oli yang ditentukan oleh beberapa produsen mobil. Proses ganti oli sintetik untuk mobil, sebetulnya bisa anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa bengkel. Adapun cara ganti oli sintetik untuk mobil tersebut adalah sebagai berikut : 
  • Parkir mobil di permukaan datar dan pastikan rem tangan terpasang. 
  • Angkat mobil menggunakan dongkrak — ikuti instruksi keselamatan pada manual. 
  • Nyalakan mesin selama 2 atau 3 menit untuk menghangatkan oli — ini dapat membantu oli untuk mengalir keluar dengan lebih mudah dan membersihkan partikel debu. Kemudian matikan mesin. 
  • Lepaskan tutup tangki oli agar oli mengalir keluar dengan mudah. Di sinilah tempat Anda akan menambahkan oli baru setelah oli lama dikeluarkan.
  • Cari pan oli — pan oli adalah sebuah metal rata yang berlokasi di bagian bawah mobil, lebih dekat dengan mesin daripada transmisi, dan memiliki baut atau steker yang mengarah ke bawah. Jika anda tidak dapat membedakan antara pan oli dan pan transmisi, nyalakan mesin selama 5 atau 10 menit — steker oli seharusnya menjadi hangat, sedangkan transmisi tidak. 
  • Lepaskan baut pada steker untuk mengeluarkan oli dari pan. 
  • Lepaskan steker oli dengan kunci inggris — penggunaan kunci inggris yang tidak sesuai dengan steker oli akan merusak steker. Berhati-hatilah agar steker tidak jatuh ke oli. Anda juga perlu mengganti filter oli apabila diperlukan – filter oli yang masih dalam kondisi baik dapat digunakan kembali
  • Tunggu sekitar 20 menit untuk memastikan seluruh oli keluar dari mobil. Saat oli telah berhenti keluar dari tangki, pasang steker dan filter oli. 
Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cara ganti oli sintetik mobil yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Gunakan merk oli sintetik terbaik yang sangat cocok untuk mesin mobil anda. Adapun merk oli sintetik yang bisa anda pilih untuk mobil anda tersebut adalah Top one.

kampungan 007

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: