Beberapa Konsekuensi Saat Telat Bayar Pinjaman

23.30 0 Comments

Beberapa Konsekuensi Saat Telat Bayar Pinjaman
pinjaman proses cepat

Meminjam dana memang kerap dilakukan oleh beberapa orang. Tentunya meminjam dana sebaiknya melalui lembaga keuangan resmi. Seperti misalnya ke BFI yang merupakan lembaga keuangan non bank terpercaya yang memberikan layanan pinjaman proses cepat. Namun saat meminjam dana ke lembaga keuangan yang resmi anda juga mengikuti aturan main yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. 

Salah satunya adalah harus membayar angsuran tepat waktu. Jika tidak membayar angsuran atau setoran tepat waktu maka akan diberikan beberapa konsekuensi. Inilah beberapa konsekuensi yang harus dihadapi jika tidak membayar setoran pinjaman tepat waktu, di antaranya adalah : 


1. Diberikan teguran Langkah pertama yang akan diberikan oleh pihak lembaga keuangan jika ada nasabah yang macet setoran adalah dengan memberikan teguran terlebih dahulu. Teguran itu bisa dalam bentuk tertulis maupun dengan lisan. Biasanya teguran juga dilakukan dengan beberapa tahapan. Dari mulai lembut hingga kasar. Maka konsekuensinya anda harus menanggung malu karena ditegur. 

2. barang jaminan disita Langkah selanjutnya jika nasabah tetap melakukan macet setoran maka pihak lembaga keuangan akan melakukan penyitaan pada barang yang telah anda jaminkan. Jika yang anda jaminkan adalah sertifikat rumah maka mau tidak mau rumah anda harus disita. Penyitaan barang ini tentunya akan diproses oleh pihak lembaga keuangan. Barang yang disita nantinya akan dilelang oleh pihak lembaga keuangan. Dan hasil lelangnya akan digunakan untuk menutup tagihan pinjaman anda. 

3. Dibawa ke jalur hukum Sebaiknya anda jangan sembarangan dalam berurusan dengan lembaga keuangan resmi. Sekalipun bukan bank seperti BFI misalnya, namun jika anda mengalami kredit macet dan tidak mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak lembaga keuangan maka anda akan diseret ke jalur hukum. Jika sudah seperti ini maka ini adalah keputusan final yang bahkan bisa merugikan anda. 

Itulah beberapa konsekuensi yang harus dihadapi jika anda tidak membayar setiran tagihan pinjaman tepat waktu atau melakukan kredit macet. Pastikan anda menghindari ini supaya tidak mendapat catatan hitam, jika memiliki catatan hitam maka sulit bagi anda untuk mengajukan pinjaman proses cepat.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: