5 Penyebab Umum Pemicu Ruam Pada Anak

21.41 0 Comments

ruam anak

Bagi Anda yang memiliki bayi wajib untuk selalu menjaga kebersihan. Hal tersebut mulai dari pakaian, peralatan mandi, peralatan makan dan mainan bayi. Menjaga kebersihan sangat penting karena bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Iritasi pada kulit bayi biasanya ditandai dengan ruam kemerahan atau bintik-bintik merah. Selain karena faktor kebersihan, ada baiknya Anda para ibu mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan ruam anak.

Penyebab Umum Ruam Pada Anak

Agar Anda lebih paham dan dapat memberikan penanganan yang cepat jika mendapati ruam pada si kecil, silahkan beberapa penyebab umum ruam pada anak.

Biang Keringat

Ruam berupa bintik kemerahan pada bayi bisa disebabkan karena biang keringat. Hal ini sering terjadi ketika cuaca sedang panas sehingga bayi akan lebih banyak berkeringat. Kondisi yang demikian dapat mengakibatkan sumbatan atau pembengkakan pada kulit bayi. Hal tersebut biasanya juga disertai rasa gatal sehingga membuat bayi lebih rewel.

ruam anak

Masalah biang keringat ini dapat ditangani dengan cara yang sederhana yaitu bawa bayi Anda ke tempat yang lebih sejuk. Untuk mengurangi rasa gatal pada bagian kulit yang beruam maka kompres menggunakan air dingin.

Penggunaan Popok

Popok juga menjadi penyebab ruam yang paling umum pada bayi dan anak-anak. Kondisi popok yang lembab dapat memicu timbulnya jamur atau bakteri yang dapat membuat kulit bayi iritasi. Oleh karenanya, ganti segera popok si kecil setelah buang air besar dan air kecil. Bersihkan bagian pantat dan kaki menggunakan waslap atau juga tisu basah dan keringan terlebih dahulu sebelum menggunakan popok yang baru.

Penggunaan popok yang terlalu kecil juga menjadi penyebab ruam. Popok yang kecil mengakibatkan kulit bayi tidak bisa bernafas. Selain itu, gesekan kulit dengan popok meningkatkan resiko iritasi.

Eksim

Penyakit juga dapat menimbulkan ruam yang disertai dengan kulit kering dan rasa gatal. Biasanya, eksim ini sering terdapat pada bagian lipatan seperti lipatan leher, lipatan siku, bagian belakang kaki dan area telinga. Cara menangani jika bayi menderita eksim yaitu dengan memandikannya lebih sering sekitar 2 atau 3 kali sehari. Pada saat mengeringkan kulit bagi usahakan jangan menggosoknya namun cukup dengan menepuk-nepuk saja. Selain itu, usahakan si kecil untuk selalu berada di dalam ruang dengan suhu norma. Suhu ekstrim dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kulit lainnya pada bayi.

Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan ruam bahkan hingga sekujur tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini bukan hanya menyerang bayi namun juga orang dewasa. Agar tidak mudah tertular cacar air maka bayi perlu untuk diberikan imunisasi cacar.

Penyakit cacar yang menyerang bayi biasa mencapai hingga tujuh hari dan akan mengering sendiri. Namun, jika sudah lebih dari kunjung kering maka segera periksakan si kecil ke dokter agar dapat segera diobati.

Biduran

Biduran merupakan kondisi dimana kulit mengalami gatal-gatal dan berwarna kemerahan. Kondisi yang demikian bisa disebabkan oleh suhu yang dingin, sengatan serangga serta alergi. Alergi tersebut bisa dari makanan yang dikonsumsi bayi atau perlengkapan bayi yang mengandung parfum dan alkohol. Kandungan bahan kimia dan zat-zat tertentu pada produk perawatan dapat membuat kulit bayi iritasi.

Biasanya biduran akan menghilang dalam hitungan hari. Selain itu, kondisi ruam yang karena biduran juga tidak menular. Namun, jika biduran tak kunjung sembuh selama beberapa hari dan disertai bengkak dan sesak nafas maka segera periksakan ke dokter.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: