Kenali Perkembangan Anak 1 Tahun

01.17 , 0 Comments



Saat memasuki usia 1 tahun, si Kecil biasanya memiliki tingkah lucu dan menggemaskan. Mereka mulai bisa menirukan apa yang biasa Mam lakukan. Selain itu, ada banyak perubahan yang terjadi baik secara fisik maupun kemampuan-kemampuannya. Perkembangan adalah perubahan yang terjadi pada anak secara psikologis, biologis, maupun emosional. Mam perlu mengetahui apa saja perkembangan anak 1 tahun yang biasanya terjadi. Dengan begitu, Mam bisa mendeteksi secara dini apabila terjadi gangguan perkembangan. Berikut ini 4 aspek perkembangan yang harus Mam ketahui:

  • Kemampuan Kognitif



Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang berhubungan dengan perkembangan otak dan kemampuan belajar. Mam sudah bisa mengajari si Kecil yang berusia 1 tahun untuk memecahkan masalah sederhana. Contohnya yaitu merespon instruksi, meniru gerakan, mengeluarkan benda dari wadah, atau mencari mainan yang disembunyikan. 

  • Kemampuan Bahasa

Aspek perkembangan anak 1 tahun selanjutnya adalah kemampuan berbahasa. Kemampuan ini berhubungan dengan proses bicara dan mengenal bahasa yang digunakan sehari-hari. Anak usia 1 tahun biasanya sudah bisa memahami dan mengucapkan kata tunggal. Mereka juga bisa menunjuk bagian tubuh dan mengetahui namanya. Semakin lama perbendaharaan akan semakin banyak sehingga bisa mengucapkan dua kata atau lebih.

  • Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik yaitu kemampuan anak dalam menggunakan bagian tubuhnya. Pada usia 1 tahun, anak sudah bisa melakukan beberapa hal sendiri misalnya seperti membolak-balik buku, menggenggam sesuatu, memasukkan makanan ke mulut, berdiri, dan lain sebagainya. Di usia ini anak biasanya juga sudah belajar untuk melangkah.

  • Kemampuan Sosial-Emosional

Aspek perkembangan ini berhubungan dengan kemampuan berinteraksi antara si Kecil dengan orang lain atau teman. Mereka yang sudah berusia 1 tahun mampu meniru aktivitas orang lain, mulai bisa berbagi, dan senang memeluk orang tuanya.

Itulah 4 aspek perkembangan anak 1 tahun yang perlu Mam ketahui. Mam bisa mendukung tumbuh kembang anak secara optimal dengan memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi dilakukan melalui permainan dan aktivitas si Kecil. Sedangkan nutrisi terbaik dihadirkan melalui makanan yang sehat dan bergizi. Mam juga bisa melengkapi nutrisi anak dengan memberikan susu pertumbuhan S-26 Procal GOLD dari Wyeth Nutrition. Susu pertumbuhan tersebut diperuntukkan bagi si Kecil yang berusia 1-3 tahun.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: