Makanan Nutrisi Tinggi untuk Anak Usia 1 Tahun

01.59 1 Comments

Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak. Pasalnya makanan yang tepat dan bernutrisi tinggi bisa membantu si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal. Selain lengkap, nutrisi yang harus diberikan pada anak usia 1 tahun juga harus seimbang. Artinya nutrisi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan mereka di setiap tahapan usia. Berikut ini ada 7 makanan nutrisi tinggi yang baik untuk anak usia 1 tahun:

Telur

Telur menjadi salah satu makanan wajib bagi anak-anak, termasuk anak usia 1 tahun. Pasalnya makanan ini memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah dengan berbagai macam cara. Ada banyak sekali vitamin yang terkandung di dalam telur seperti vitamin A, D, E, K, B2, B5, B9, B6, dan B12. Selain vitamin, ada juga mineral yang terkandung seperti kalsium, selenium, dan fosfor. 

Ikan

Sebagian besar anak juga suka mengonsumsi ikan. Bahkan para ahli menganjurkan para ibu untuk memberikan ikan pada si Kecil di masa tumbuh kembangnya. Banyak kandungan ikan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang mulai dari lemak, protein, mineral, maupun vitamin. Jenis ikan yang paling direkomendasikan untuk anak 1 tahun adalah lele, gurame, bandeng, nila, dan mas karena bebas dari pencemaran.

Kacang-kacangan

Anda sudah bisa mulai memperkenalkan kacang-kacangan pada si Kecil yang berusia 1 tahun. Kandungan kacang tergantung dari jenis kacang yang dipilih, misalnya kacang kedelai bermanfaat untuk pembentukan tulang dan menjaga fungsi organ. Sedangkan kacang almond baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain kedelai dan almond, kacang hijau, mete, merah, dan hitam juga baik untuk anak. Namun pastikan si Kecil tidak memiliki alergi saat mengonsumsinya.

Daging

Makanan nutrisi tinggi selanjutnya yang baik untuk anak usia 1 tahun adalah daging. Anda bisa memilih daging ayam, kalkun, dan sapi untuk diberikan pada si Kecil. Banyak kandungan nutrisi dalam daging seperti vitamin B kompleks, protein, lemak, omega 3, seng, zat besi, dan selenium. Olah daging menjadi empuk agar mudah dikonsumsi oleh si Kecil.

Buah-buahan

Warna dari buah ternyata memengaruhi manfaatnya. Buah berwarna hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga membantu menormalkan tekanan darah. Lalu buah berwarna merah kaya akan likopen dan antosianin yang merupakan antioksidan. Selalu berikan buah ketika si Kecil makan untuk memenuhi asupan nutrisi hariannya.

Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan, manfaat sayur-sayuran juga tergantung dari warnanya. Sayuran berwarna hijau memiliki kandungan serat, zat besi, beta karoten, dan kalsium. Sedangkan sayuran berwarna kuning memiliki kandungan kalium dan pigmen lutein yang tinggi. Karena berbagai kandungannya, sayur-sayuran tidak boleh Anda lupakan saat menyiapkan menu makan si Kecil.

Susu

Untuk melengkapi nutrisi dari makanan yang telah disiapkan, Anda bisa memberikan susu pertumbuhan untuk si Kecil. Saat si Kecil berusia 1 tahun, susu diberikan paling tidak sebanyak 2-3 kali sehari. Waktu paling baik yaitu pagi hari saat sarapan dan malam hari sebelum si Kecil tidur.

Itulah makanan nutrisi tinggi yang bisa Anda berikan pada anak usia 1 tahun. Berikan secara tepat sesuai kebutuhan harian mereka. Bagi para profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak, Anda bisa mendapatkan tambahan ilmu baru apabila bergabung dengan Nutricia Professional. Platform ini dibangun dengan komitmen untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan kesehatan di Indonesia. Ada beberapa fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh para profesional seperti E-Module, Expert’s Podcast, dan Web Seminar. Kunjungi website dari Nutricia Professional yaitu nutriciaprofessional.id dan bergabung dengan profesional lainnya.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar:

  1. A typical CNC turning machine Plastic Shower Caps assembly contains a chuck holding the workpiece. The chuck is hooked up to a spindle that rotates the workpiece in opposition to the stationary slicing tool. This mode of operation removes parts of fabric from the workpiece, permitting you to create your desired parts. You’ll usually discover CNC milling machines as three-axis machines — which signifies that they function along three independent axes (X-axis, Y-axis, and Z-axis) to manufacture parts.

    BalasHapus