Jenis Gitar dan Perbedaannya, Jangan Asal Pilih!

20.50 0 Comments



Musik memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya di luar sana. Tidak sedikit yang terjun ke dunia musik karena merasa indah untuk didengar. Lalu untuk memulainya harus memiliki alat musik yang dipakai, contohnya gitar. Banyak jenis gitar yang bisa Anda temui di toko yang Jual Gitar melalui online atau offline. 

Jenis - Jenis Gitar :

Agar Anda tidak penasaran, terdapat beberapa jenis gitar yang masing - masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Jenis gitar tersebut, antara lain :

1. Gitar Klasik

Jenis gitar yang pertama yaitu bernama gitar klasik atau akustik dengan ciri memakai senar nilon. Mungkin bagi kebanyakan orang yang suka bermain gitar untuk berlatih atau bersenang - senang sendiri biasanya memilih ini. Gitar ini sangat praktis atau mudah Anda bawa kemana saja karena tidak membutuhkan listrik. 

2. Gitar Klasik (Akustik) Elektro

Selanjutnya yaitu gitar klasik elektro. Gitar ini hampir sama dengan yang klasik sebelumnya namun ada sedikit tambahan yang membedakannya. Anda dapat mencolokkannya ke listrik karena terdapat audio jack di gitarnya untuk mengatur EQ dan volume. Jika tidak ada listrik pun Anda masih bisa memakainya seperti biasa.

3. Gitar Klasik Senar Baja

Jenis gitar berikutnya yaitu sama dengan kedua jenis sebelumnya namun ada sedikit bagian yang membedakan. Bagian tersebut terletak pada senarnya yang biasanya menggunakan nilon namun gitar ini memakai senar baja. Dari jenis senar yang produsen gunakan ini akan memberikan kualitas dan ketahanan terbaik nantinya. 

4. Gitar Elektrik

Untuk yang selanjutnya yaitu gitar elektrik. Gitar ini berbeda dari sebelumnya seperti bentuknya dan bahkan beratnya. Bentuknya cukup ramping namun juga berat karena memiliki ketahanan lebih bagus. Perangkat yang di dalam setiap gitar elektrik akan berbeda dan menghasilkan suara berbeda juga.    

5. Gitar Berlubang (Hollowbody)

Jenis gitar ini sama bentuk dan penggunaannya namun memiliki sedikit keunikan. Namanya gitar berlubang atau Hollowbody yang dari namanya kita sudah tahu bahwa terdapat bagian gitar yang berlubang - lubang. Ketika Anda memainkannya tanpa listrik akan terdengar seperti kualitas gitar akustik dan tidak seperti elektrik. 

6. Gitar Dengan 12 Senar

Mungkin Anda jarang mendengar gitar yang memiliki 12 senar. Namun jenis ini masih sering orang memakainya dan dulu sangat populer di tahun 60 sampai 70-an. Sekarang gitar ini memiliki dua varian yaitu elektrik dan akustik. Ketika Anda memainkannya akan terasa sama namun nadanya akan terdengar lebih jelas.  

Manakah Gitar Pilihan Anda?

Dengan demikian, bermain gitar memang sangat menyenangkan dan bisa Anda lakukan kapan dan dimana saja. Lalu Anda pun bisa mencoba beberapa jenis gitar yang sekarang ini karena jenisnya sudah bervariasi. Semoga informasinya bermanfaat, ya!.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: