Biaya Kuliah Jurusan Psikologi dan Prospeknya

20.36 0 Comments

Jurusan psikologi merupakan salah satu fakultas yang tergolong sangat prospektif. Bahkan saat ini semakin banyak perusahaan maupun individu yang membutuhkannya. Bagi Anda yang ingin tahu biaya kuliah jurusan psikologi dan seperti apa prospeknya, silahkan Anda simak artikel ini hingga selesai.

Prospek Kuliah Jurusan Psikologi

Ada beberapa prospek fakultas psikolog yang populer saat ini. Berikut prospek pekerjaan lulusan psikolog yang jarang diketahui.

1.  Menjadi Psikolog

Prospek pekerjaan yang pertama  lulusan tersebut yaitu menjadi seorang psikolog. Profesi yang satu ini, kini semakin dibutuhkan di tanah air. Psikolog di Indonesia masih terbilang sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk dan orang atau lembaga yang membutuhkannya.

2.  Bekerja Sebagai Human Resource Development (HRD)

Seorang lulusan psikolog memiliki peluang bekerja menjadi HRD (Human Resource Development). Tugas HRD yaitu mengelola SDM yang ada di perusahaan tempat Anda bekerja. Posisi HRD tergolong sangat strategis dan prospektif.

3.  Menjadi Dosen di Bidang Psikologi

Jika Anda sudah lulus S2 fakultas psikolog, Anda memiliki peluang menjadi dosen di bidang terkait. Kesempatan menjadi dosen sangat terbuka. Anda bisa mengajar di psikologi sosial, industri, klinis, maupun umum.

4.  Bekerja Sebagai Konselor

Konselor psikolog adalah salah satu profesi yang bergerak di bidang pendidikan. Pekerjaan ini mirip seperti pekerjaan guru BK. Tugas seorang konselor adalah memberi bimbingan atau konseling kepada para klien.

5.  Bekerja Sebagai Terapis

Bidang yang satu ini juga tidak kalah prospektif bagi para lulusan psikolog. Sampai saat ini, masih jarang orang yang bekerja di bidang ini. Disisi lain, banyak orang yang butuh seorang terapis kesehatan mental saat ini.  

6.  Sebagai  Seorang Trainer

Profesi selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu menjadi seorang trainer. Peran seorang trainer adalah memberikan motivasi pada acara seminar. Menjadi seorang trainer juga merupakan salah satu bidang yang tergolong prospektif.

Rekomendasi Fakultas Psikologi

Jika Anda sedang mencari kampus yang tepat dan ideal untuk melanjutkan pendidikan di bidang terkait, Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu tempat terbaik bag yang ingin melanjutkan pendidikan dan memilih bidang psikologi.

Proses pendaftaran pun kini sudah bisa melalui sistem online. Anda bisa mengaksesnya melalui situs resmi kampus tersebut agar Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap terkait fakultas yang ada di kampus tersebut.

Selain itu, lulusan psikolog dari kampus yang satu ini juga menjadi salah satu lulusan yang paling banyak dicari. Pasalnya, lulusan dari kampus ini dikenal memiliki kemampuan yang mumpuni karena fakultas psikolog di kampus ini merupakan salah satu fakultas terbaik dan juga banyak dilirik.

Berapa Biaya Jurusan  Psikologi?

Biaya kuliah di UI untuk jurusan psikologi pada dasarnya tidak jauh berbeda seperti di kampus-kampus lain. Informasi terkait biaya bahkan bisa Anda cek melalui situs resmi Universitas terkait agar Anda punya gambaran estimasi biaya untuk melanjutkan pendidikan di fakultas tersebut.

Selain itu, kampus yang satu ini juga punya informasi beasiswa yang bisa Anda coba ikuti. Ada dua jenis beasiswa yang bisa Anda pilih, mulai dari beasiswa dari kampus maupun beasiswa dari sponsor.

Kesimpulan

Dewasa ini, lulusan psikolog tidak hanya bisa bekerja menjadi seorang psikolog saja. Disisi lain juga banyak prospek pekerjaan lain yang bisa dipilih sesuai dengan passion dan juga keahlian Anda.

Demikian informasi seputar biaya kuliah jurusan psikologi dan juga apa saja prospek dari lulusan jurusan yang satu ini.


 

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: