Inilah Jenis Cincin Lamaran Berdasarkan Bahannya

19.56 0 Comments



Cincin merupakan benda paling penting dalam prosesi lamaran karena menjadi simbol ikatan cinta. Biasanya, cincin lamaran dibeli oleh pria untuk diberikan pada wanita yang akan dipinang. Selain model, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis cincin berdasarkan bahannya. Pasalnya ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk membuat cincin. 

Karakteristiknya berbeda sehingga mengenali bahan-bahannya bisa membantu Anda menentukan cincin yang tepat. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah jenis cincin berdasarkan bahannya:

Cincin Yellow Gold

Yellow gold atau emas kuning merupakan cincin yang paling umum di pasaran. Ketika membicarakan mengenai cincin emas, pasti yang terpikirkan adalah yellow gold. Meskipun emas murni memiliki warna identik kuning. Namun cincin yellow gold tidak menggunakan emas murni karena terlalu lunak. Ada campuran logam lain berupa seng dan tembaga agar cincin lebih kuat.

Cincin White Gold

Jenis cincin yang populer setelah cincin yellow gold adalah cincin white gold. Cincin ini mulai populer seiring berubahnya selera masyarakat. Dulu banyak orang suka dengan cincin mewah, namun sekarang lebih banyak yang suka cincin simple. Warna putih pada cincin white gold didapatkan dari campuran nikel dan seng. Selanjutnya white gold akan dilapisi rhodium agar lebih berkilau.

Cincin Rose Gold

Meskipun sebenarnya sudah ada sejak lama, namun cincin lamaran rose gold baru populer beberapa dekade belakangan. Rose gold sendiri memiliki daya tarik utama melalui warnanya yang kemerahan. Warna tersebut didapatkan dari pencampuran emas murni, perak, dan tembaga. Semakin banyak kandungan tembaganya, maka warna cincin akan semakin merah. Meskipun begitu, pastikan memilih cincin rose gold 18K agar berkualitas.

Cincin Platinum

Cincin dari bahan platinum ternyata lebih mahal dibandingkan cincin dari bahan emas. Logam satu ini memang memiliki banyak keunggulan seperti tidak mudah korosi, tidak menyebabkan alergi, indah meskipun tanpa rhodium, dan kuat. Namun sayangnya platinum termasuk logam langka sehingga cincinnya memiliki harga yang tinggi. Apalagi jika komposisi platinum yang dipilih tinggi.

Cincin Palladium

Jika benar-benar menginginkan cincin platinum, namun budget masih terbatas, cincin dari bahan palladium biasanya menjadi pilihan. Cincin palladium memiliki beberapa kelebihan seperti bobot ringan, kilau indah, warna tidak mudah luntur, dan hypoallergenic. Meskipun terbilang cukup langka, namun cincin palladium memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, cincin ini juga sulit diubah ukurannya, jadi pemilihannya harus diperhatikan dengan baik.

Cincin Zirconium Hitam

Cincin lamaran dari zirconium hitam cocok untuk Anda yang menginginkan cincin unik dan anti-mainstream. Logam untuk cincin pada umumnya berwarna putih atau kuning, namun logam ini berwarna hitam. Kelebihannya yaitu bobotnya ringan namun memiliki kekuatan yang baik. Selain itu, cincin zirconium hitam juga cukup baik untuk menahan korosi dan goresan. 

Cincin Perak

Jenis cincin terakhir yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan adalah cincin perak. Meskipun masih di bawah logam emas, namun cincin perak cukup banyak dipilih. Perak atau silver merupakan logam ringan yang harganya terjangkau. Sama seperti white gold, cincin perak harus dilapisi rhodium agar lebih berkilau dan tahan lama.

Itulah jenis-jenis cincin lamaran berdasarkan bahan yang dipakai. The Palace sebagai brand perhiasan premium hanya menawarkan cincin dengan logam berkualitas. Sebagian besar logam yang digunakan adalah platinum dan emas. Kadar kemurnian emasnya pun tinggi yaitu mencapai 18K. Banyak pilihan cincin untuk melamar pasangan yang bisa dipertimbangkan. Kunjungi saja website The Palace untuk menentukan model yang cocok dengan pasangan Anda.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: