Jenis Asuransi Mobil Dan Pengaruhnya Terhadap Biaya Asuransi

02.23 0 Comments

Jika anda telah memiliki mobil yang diasuransikan maka pasti ada pilihan dari jenis asuransi mobil yang diambil seperti asuransi yang total loss only (TLO) dan juga asuransi comprehensive atau all risk. Dari kedua jenis asuransi tersebut tentunya satu sama lain memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. 
Salah satu kelebihan dan kekurangan dalam jenis asuransi ini yaitu pada besarnya biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh pihak pemegang polis kepada perusahaan asuransi. Dalam biaya asuransi jenis Total Loss Only (TLO) biasanya walaupun terdapat keringanan dalam biaya asuransi atau premi yang harus dibayarkan, tetapi dalam hal lainnya seperti pada berbagai jaminan yang diberikan atau fasilitas yang diterima dalam perbaikan mobil masih kurang, karena dalam asuransi ini kerusakan yang akan digantikan oleh pohak asuransi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75%. 

Sehingga jika kerusakannya kurang dari 75% maka anda tidak bisa mendapatkan perbaikan dari pihak asuransi. Sebaliknya dari asuransi TLO yaitu pada asuransi all risk, setiap kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda akan ditanggung oleh pihak asuransi. Kerusakan besar atau kecil sekalipun semuanya telah tertangani oelh pihak asuransi. 

Namun untuk mendapatkan layanan yang penuh tersebut anda pun harus mengeluarkan dalam biaya asuransinya yang lebih besar dibandingkan dengan asuransi yang TLO. Besarnya biaya asuransi all risk yang harus dibayarkan bisa bertambah jika anda mengambil tambahan akan cakupan perlindungan yang diterima. Misalnya dengan menambahkan tambahan cakupan akan banjir atau bencana alam lainnya. 

Hal tersebut tentunya akan membuat lebih besar lagi biaya yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi. Supaya anda bisa mendapatkan keuntungan akan asuransi yang diambil untuk kendaraan yang dimiliki, maka sebaiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai, fasilitas yang diterima dari jenis asuransi mobil yang dipilih, cakupan jaminan yang diambil, dan yang lainnya. yang hal-hal tersebut bisa mempengaruhi akan besarnya biaya asuransi yang harus dibayarkan. 

Apalagi mengingat biaya asuransi atau premi harus dibayarkan secara rutin dan tepat waktu, tentu anda tidak mau jika biaya asuransi yang ditanggung justru mengganggu kondisi keuangan anda.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: