Kesehatan Berawal Dari Makanan

02.28 0 Comments

Makanan adalah sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang segala aktivitas. Baik aktivitas fisik maupun mental membutuhkan kekuatan agar aktivitas tersebut bisa berjalan secara normal. Memang benar makanan adalah aspek penting yang menopang energi pada sistem tubuh manusia, namun tentu seperti diketahui bersama bahwa makanan yang dikonsumsi harus memiliki cakupan nutrisi yang seimbang. 
Apalah artinya makanan yang dikonsumsi tetapi tidak mengandung gizi, sudah barang tentu, makanan tersebut hanya akan menjadi sampah yang tidak dibutuhkan tubuh bahkan memicu timbulnya sebuah penyakit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di sekeliling tempat kita berada banyak orang yang menderita hipertensi atau darah tinggi, diabetes dll. Semua penyakit tersebut merupakan dampak dari ketidakseimbangan gizi yang masuk ke dalam tubuh. 

Karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin tentu merupakan zat-zat penting bagi tubuh yang terkandung dalam makanan, namun cakupan zat-zat tersebut harus seimbang, jangan ada satu dari zat tersebut di luar kebutuhan tubuh manusia. Apabila memperhatikan keterangan di atas, sudah barang tentu bahwa makanan disamping berkontribusi dalam memberikan energi bagi tubuh, makanan juga bisa menyebabkan beberapa penyakit. 

Dengan kata lain, makanan merupakan salah satu faktor yang menentukan kesehatan manusia. Oleh karena itu, sebagai manusia berpendidikan dan paham akan pentingnya kesehatan, sudah saatnya untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat yang tercermin dari konsumsi makanan yang tidak sembarangan. 

Makanan yang enak bukan berarti makanan sehat yang mengandung banyak gizi, tetapi makanan sehat adalah makanan yang mengandung cukup gizi, bersih dan diolah dengan baik dan sehat pula yang terbebas dari segala bahan-bahan kimia. Memulai hidup sehat dari sisi makanan tentu tidak susah, kita hanya perlu paham akan kebutuhan tubuh kita. 

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan walaupun mengandung banyak gizi tidak akan membuat badan kita sehat dan berketahanan baik. Oleh sebab itu, sudah saatnya kita berprinsip makanlah secukupnya namun kandungan gizi dalam makanan itu mencukupi untuk kebutuhan tubuh. Prinsip itulah wujud nyata untuk menjaga kesehatan tubuh.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: