Jenis-Jenis Makanan Sumber Karbohidrat

00.47 0 Comments


Bagi orang Indonesia makanan sumber karbohidrat sehari-hari itu adalah nasi, memang betul sekali sumber karbohidrat tinggi adalah dari nasi, makanan pokok orang Indonesia itu adalah nasi, sehingga ada ungkapan belum makan makan jika belum makan nasi, meskipun mereka sudah makan mie, umbi-umbian, bubur atau roti, namun meskipun begitu, jika belum makan nasi persepsinya adalah belum makan. Memang sangat lucu dan unik sekali, jika ada ungkapan seperti itu. 

Orang-orang di luar negeri justru tidak terlalu banyak mengonsumsi nasi, karena makanan pokok mereka tidak sama dengan makanan poko orang Indonesia, mereka lebih memprioritaskan makan sereal, roti gandum, atau umbi-umbian. Jika makan nasi, mereka tidak terlalu sering seperti orang Indonesia, karena bukan makanan pokok mereka. Makanan sehat bagi orang barat khususnya adalah yang terpenting asupan karbohidrat yang cukup, bukan hanya dari nasi saja. 

Berikut ini ada beberapa makanan sumber karbohidrat selain nasi: 
  • Roti gandum, roti gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat menyimpan cadangan energi dalam tubuh dan tidak terlalu cepat diserap oleh tubuh meskipun bekerja seharian. 
  • Umbi-umbian, jenis dari umbi-umbian disini sangat banyak, seperti talas, singkong, ubi, dan lain sebagainya. 
  • Sereal, bagi sebagian orang Indonesia belum begitu familiar dengan mengonsumsi sereal di pagi hari, karena jenis makanan yang dianggap aneh dan sepertinya tidak mengenyangkan seperti nasi.
Meskipun jenis nasi sangat beragam, ada nasi putih, nasi ketan, ada juga nasi merah yang sangat baik dibandingkan dengan nasi putih, karena nasi merah lebih rendah karbohidrat dan sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan. Jagung, sebagian daerah di Indonesia olahan jagung sudah dibuat seperti nasi, yaitu nasi jagung yang diolah seperti layaknya nasi, makanan tersebut sebagai alternatif pengganti nasi. 

Itulah beberapa jenis makanan sumber karbohidrat selain nasi, bagi orang Indonesia jenis makanan tersebut sangat banyak dan tumbuh di tanah Indonesia, jadi tidak perlu di impor dari negara lain. Memilih makanan sehat tidak harus mahal, hanya dengan memanfaatkan hasil pertanian orang Indonesia kita sudah bisa makan-makanan yang bergizi, sehat dan menyehatkan. Mulai sekarang, ayo terapkan hidup sehat tanpa harus makan nasi setiap hari, namun bisa diganti dengan makanan sumber karbohidrat yang lain.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: