Strategi Tes Toefl Pada Listening Comprehension Section

22.42 0 Comments


Pada program persiapan Tes TOEFL atau TOEFL preparation biasanya akan diberi strategi tes untuk tiga sections, yakni Listening Comprehension Section, Structure and Written Expression Section dan Reading Comprehension Section. Kali ini mari kita bahas strategi untuk tes TOEFL pada Listening Comprehension Section. Apa sajakah itu? 

Berikut penjelasannya. Strategi umum : 

Pahami bentuk-bentuk perintah atau arahan (direction) pada setiap bagian (part) dengan baik sebelum hari H tes. Pastikan Anda membaca pilihan jawaban pada setiap soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan arahan atau perintah (direction). Hal ini supaya Anda dapat memperkirakan topik yang akan muncul. Fokus dan tetap berkonsentrasi pada percakapan yang sedang anda dengarkan. Upayakan Anda memberikan kemampuan listening paling maksimal pada soal-soal pertama di setiap bagian. 

Part A: Short Conversation Fokuskanlah kemampuan listening Anda pada orang kedua. Tetap tenang jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara menyeluruh. Anda hanya perlu menangkap ide pokok percakapan. Jika Anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, cobalah untuk memilih jawaban yang paling berbeda dari apa yang didengar. Pahami bentuk-bentuk funtional expression uncertainty (ketidakpastian), agreement (persetujuan), surprise (keterkejutan), suggestion (sugesti), idiomatic, expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan. 

Part B: Longer Conversation Pada saat narator membacakan arahan part B sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan topik apa yang akan muncul. Saat menyimak percakapan, haruslah mengetahui apa topik yang dibicarakan. Berhati-hatilah terhadap setiap pertanyaan. Cermati juga kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung terutama menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan. 

Part C: Talks Jika Anda memiliki waktu, lihatlah kunci jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya. Simak dengan cermat pembicaraan pada kalimat pertama karena umumnya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya. Berkonsentrasi pada pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5W-1H (what, who, when, where, why ) dan How. Tarik kesimpulan atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan. Itulah bebrapa strategi yang dapat Anda aplikasikan saat Tes TOEFL. Jangan lupa untuk menjalani program TOEFL preparation. Adapun Kaplan yang dapat Anda pilihkan programnya yaitu Edupac Indonesia.

Rizky Aditia

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.