Cara Menjaga Kehamilan Usia Janin 6 Bulan

17.40 0 Comments

usia janin
Pada waktu memasuki usia kandungan ke 6 bulan, maka berarti waktu melahirkan sudah cukup dekat. Dalam hal ini, organ-organ yang ada pada janin mulai berkembang dan berfungsi dengan maksimal dan cukup baik, salah satunya adalah paru-parunya. Menurut bidan Sela bidan di Bandung bahwa ketika usia kandungan sudah mencapai 6 bulan, maka akan terjadi beberapa perkembangan seperti pembentukan tulang, lemak, dan kulit. 

Pertumbuhan serta perkembangan tubuh dan otaknya juga mulai berkembang dengan pesat sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup supaya stimulasinya terjaga. 

Cara Menjaga Kehamilan Usia 6 Bulan 

Cara menjaga kehamilan yang efektif ketika usia janin sudah 6 bulan dapat diperhatikan dari makanan yang Bunda konsumsi dan olahraga. Usahakan mengkonsumsi sayuran hijau, ikan salmon, dan ubi jalar ya, Bun. Bunda harus paham jika ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan janin. Jadi, Bunda tidak usah ragu dalam memilih ikan salmon, sebab ikan ini termasuk dalam ikan laut dengan kandungan merkuri yang rendah. 
usia janin
Kebutuhan nutrisi Bunda juga bisa terpenuhi, kemudian asam folat yang ada di dalam ubi jalar. Disini Bunda dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus atau dicampur dengan sayur bening. Kegiatan lain yang bisa Bunda terapkan agar janin sehat adalah sebagai berikut:

Rutin Olahraga Pagi Hari

Kegiatan atau aktivitas jalan kaki sebaiknya mulai dilakukan sejak usia kandungan Bunda memasuki 1 bulan. Akan tetapi, seiring dengan usia kandungan yang semakin besar, maka Bunda harus rutin dan teratur dalam olahraga berjalan kaki. Bunda tidak perlu terlalu lama-lama, cukup 15 sampai 30 menit di pagi dan sore hari Bun.

Lakukan Berendam di Air Hangat

Cara menjaga janin di masa kehamilan dengan berendam di air hangat juga bisa mengurangi rasa stress ketika menjelang melahirkan. Air hangat memang sangat efektif untuk melepaskan rasa stress di dalam tubuh Bunda selama masa hamil. Bunda juga akan merasa lebih santai ketika air hangat menyentuh pori-pori kulit.

Beri Stimulasi dengan Musik

Pada usia kehamilan 6 bulan, maka janin di dalam kandungan sudah bisa mendengar hal yang terjadi di luar perut. Hal ini dapat Bunda manfaatkan untuk berkomunikasi dan memberi stimulasi, salah satunya yaitu dengan mendengarkan musik klasik musik religi. Karena hal dapat melatih otak dan membantu bayi mudah belajar sejak di dalam kandungan.

Itulah penjelasan mengenai cara menjaga kehamilan janin di dalam kandungan telah mencapai 6 bulan terlihat sederhana. Semoga bermanfaat, Bun.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: