Pengertian Digital Printing Beserta Jenis-jenisnya

21.07 0 Comments

Digital Printing

Brosur, banner, pamflet, undangan dan sebagainya merupakan produk dari jasa percetakan. Meski sering menggunakan jasa layanan percetakan tetapi banyak masyarakat awam yang belum tahu apa itu digital printing. Padahal produk-produk yang dihasilkan sering terlihat ada di sekitar kita.

Berbicara mengenai produk tersebut maka tidak akan pernah bisa dilepaskan dengan perusahaan percetakan seperti Snapy. Alasannya karena ini merupakan salah satu produknya yang ditawarkan kepada masyarakat. Sebenarnya apa pengertiannya? Dan apa saja jenis-jenisnya? Simak uraian di bawah ini.

Pengertian Digital Printing 



Sebelum membahas mengenai jenis-jenisnya, alangkah baiknya terlebih dahulu mencari tahu pengertiannya. Digital printing merupakan proses mencetak gambar yang sebelumnya sudah di desain dalam bentuk media digital ke media fisik. Keberadaan usaha ini tidak terlepas dari keberadaan teknologi yang semakin canggih seperti mesin digital printing.

Jenis-jenis Digital Printing 


1. Brosur atau Katalog


Jenis-jenisnya yang pertama adalah brosur atau katalog. Brosur atau katalog ini biasanya digunakan sebagai media promosi yang bersifat pribadi dan disebar kepada orang lain. Tujuannya supaya penerimanya mau membaca pesan yang ada di dalamnya. 

Supaya orang berkenan untuk membacanya disarankan untuk membuat dengan menarik dan unik. Anda bisa memesan brosur ataupun katalog di perusahaan percetakan yang berkualitas atau kredibel seperti Snapy. 

2. Pamflet  


Selanjutnya ada pamflet yang dibuat dalam media kertas atau poster. Keberadaan pamflet biasanya berfungsi sebagai media penyampaian pesan kepada masyarakat. Sama halnya seperti brosur atau katalog, pamflet juga harus dibuat dengan desain menarik dan unik.

Pamflet harus dibuat menarik dan unik supaya mendapatkan perhatian masyarakat sehingga pesan yang disampaikan bisa tersampaikan. Pamflet biasanya dipasang di tempat umum seperti papan pengumuman, halte bus dan sebagainya. Isinya seringkali tentang event seminar, konser ataupun pameran.

3. Baliho atau Spanduk 


Pasti Anda sudah sering melihat baliho atau spanduk di luar ruangan seperti jalanan. Baliho ini merupakan media iklan yang dibuat dalam ukuran besar dan panjang. ukurannya yang besar dan panjang akan mempermudah masyarakat untuk melihat dan membacanya.

Di perusahaan percetakan, baliho biasanya dibuat di atas media plastik terpal supaya tahan terhadap segala cuaca. Selain itu, juga dicetak menggunakan mesin digital printing yang canggih. Hal ini dilakukan supaya gambar yang dicetak lebih realistis serta warnanya sama dengan keinginan pelanggan.

4. Banner 


Bagi Anda yang ingin membuat banner dengan kualitas terbaik bisa memesannya secara online maupun offline di Snapy. Snapy ini merupakan perusahaan percetakan yang menerima pesanan berbagai digital printing, salah satunya banner.

Banner itu sendiri merupakan media promosi mandiri yang biasanya dicetak dalam media plastik menggunakan mesin digital printing. Banner ini bisa dipasang dimana saja untuk memasarkan suatu produk supaya diterima oleh target pasar-nya. Pada intinya keberadaannya berfungsi untuk menyampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan kepada orang lain.

5. Digital Sablon Mugs 


Digital sablon mugs seringkali dilihat pada suatu souvenir, seperti gelas, mangkuk, sendok, dan sebagainya. Digital sablon mugs dicetak menggunakan mesin digital UV atau mesin flatbed printer. Adapun cara mencetaknya menggunakan alat digital khusus mug.

Selain di acara pernikahan, banyak perusahaan yang juga memesan souvenir dengan digital sablon mugs. Digital sablon mugs biasanya berisi tentang logo perusahaan. Tujuannya sebagai media untuk mengangkat citra perusahaan ataupun brand image.  

6. Sablon T-shirt 


Jenis-jenis yang terakhir adalah sablon t-shirt menggunakan mesin digital printing. Memesan sablon t-shirt ke perusahaan percetakan yang sudah menggunakan mesin digital printing seperti Snapy sangatlah menguntungkan. Bagaimana tidak, Anda bisa memesan meski jumlahnya satu atau dua saja.

Anda bisa membuat sablon t-shirt desain sendiri dengan format file digital. Pastikan desain yang dibuat sangat bagus dan menarik. Pasti untuk biaya yang harus dikeluarkan sangat murah karena hanya membayar kaos polos nya saja. 

Nah itulah pengertian digital printing dan jenis-jenisnya. Diharapkan dengan uraian d atas Anda bisa lebih paham. Jika ingin memesannya direkomendasikan untuk menggunakan jasa dari Snapy. Dijamin hasilnya sangat berkualitas dan tidak mengecewakan.  

Irsan Erlangga

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: