Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja dan Rekomendasi Kampus Terbaik

21.43 0 Comments

kuliah sambil kerja
Ilmu merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang perlu dicari tanpa mengenal usia, profesi maupun jabatan. Nah, kuliah sambil kerja seringkali dijadikan sebagai alternatif para karyawan yang ingin menambah wawasan dan meningkatkan jenjang karir. Namun perlu diingat bahwa program ini akan memberikan beban ganda kepada Anda yaitu pekerjaan dan perkuliahan. Untuk itu, berikut telah kami rangkumkan tips sukses menempuh pendidikan sambil bekerja.

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja


Adapun tips agar bisa sukses menempuh perkuliahan sambil bekerja yaitu:

Atur Waktu Agar Tidak Bentrokan


Tips pertama yang perlu diterapkan agar sukses dalam menempuh pendidikan selagi bekerja yaitu mengatur waktu dengan baik. Pastikan jadwal kuliah Anda tidak berbenturan dengan jam kerja sehingga dua-duanya tetap bisa dijalankan dengan baik. Untuk itu, sebaiknya mencari kampus yang menawarkan program kelas karyawan.

(source:https://ids.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/Yuli-IDS.jpg)

Kuliah kelas karyawan biasanya memiliki jam yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jam kerja. Beberapa kampus menerapkan kelas sore dan malam. Selain itu, ada juga instansi pendidikan yang menawarkan kelas karyawan di hari Sabtu dan Minggu.

Komunikasikan dengan Perusahaan


Sebelum mendaftar kuliah sambil kerja, alangkah baiknya jika berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan seperti HRD atau atasan langsung. Jadi, kedepannya karyawan akan lebih mudah dalam mengatur waktu kerja dan kulian. Jika beruntung, Anda pun bisa mendapatkan dukungan dari perusahaan seperti biaya kuliah, perpanjangan kontrak atau dukungan lainnya.

Pilih Jurusan Sesuai Profesi


Saat memutuskan kuliah sambil bekerja, alangkah lebih baik jika Anda mengambil jurusan yang linier dengan profesi saat ini. Jadi, nantinya setiap ilmu yang diperoleh bisa langsung diterapkan di lingkungan kerja dan jenjang karir pun lebih cepat mengalami peningkatan. Selain itu, kondisi ini juga sangat penting untuk menarik dukungan dari perusahaan.

Di sisi lain, kuliah sambil bekerja akan meringankan beban ganda karyawan. Karyawan tidak perlu berfikir terlalu keras pada perkuliahan maupun pekerjaan karena keduanya saling berkaitan. Bahkan, kedua bidang tersebut juga bisa saling mendukung satu sama lain.

Disiplin


Disiplin menjadi kunci utama kesuksesan dalam menjalankan kuliah sambil bekerja. Disiplin ini mencakup banyak hal seperti disiplin dalam bekerja, disiplin dalam kuliah, disiplin terkait waktu dan masih banyak lagi. Meskipun sedang kuliah, Anda tetap harus menjaga performa kerja tetap optimal sehingga tidak ada pekerjaan terbengkalai.

Di sisi lain, karyawan juga tidak boleh menyepelekan setiap tugas-tugas kuliah yang diberikan dengan alasan kesibukan kerja. Selain itu, kesehatan tubuh juga perlu diperhatikan agar keduanya bisa berjalan dengan baik.

Rekomendasi Program Kuliah Sambil Bekerja Terbaik


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kuliah sambil bekerja ini memiliki beban yang besar sehingga perlu dipikirkan secara matang. Selain itu, karyawan juga harus siap secara mental maupun fisik. Nah, jika sudah siap maka bisa langsung memilih kampus terbaik yang menyediakan program kelas karyawan, salah satunya yaitu IDS Digital College.

Kampus IDS Digital College menawarkan program ekstensi dari D3 ke jenjang pendidikan S1 yang dapat diambil oleh para pekerja. Program ini memiliki jam perkuliahan yang fleksibel dengan masa tempuh sebanyak 4 semester. Program kuliah sambil kerja ini mencakup program studi Cyber Security dan Software Engineering menggunakan kurikulum berstandar internasional sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Demikian tadi tips lengkap agar bisa sukses kuliah sambil kerja yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Selamat mencoba.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: