3 Aktivitas yang Dianjurkan Untuk Anak Hiperaktif

21.45 , 0 Comments

anak hiperaktif
Anak hiperaktif

Masa anak-anak pada umumnya merupakan masa dimana mereka memiliki kepribadian yang aktif dalam berbagai hal. Hal tersebut terbilang wajar karena anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap apa yang tidak mereka ketahui. Namun hal tersebut akan menjadi masalah apabila anak terlalu aktif atau yang lebih dikenal dengan hiperaktif. 

Anak hiperaktif memiliki perbedaan dengan anak aktif pada umumnya. Mereka yang hiperaktif memiliki fokus yang rendah sehingga sulit melakukan interaksi dengan lingkungannya. Sebagai seorang ibu, Anda tentu saja harus memperhatikan anak dengan baik agar kondisi hiperaktif yang mereka miliki tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan kegiatan positif yang mampu meningkatkan fokus belajar serta melatih kesabaran mereka. 

Berikut ini ada 3 aktivitas yang baik untuk anak hiperaktif: 



  • Bermain Musik 

Bermain musik merupakan aktivitas pertama yang bisa membantu meningkatkan fokus anak Anda. Pasalnya, aktivitas ini dapat membantu memicu otak kanan dan otak kiri untuk aktif bekerja. Selain itu, musik juga dinilai menjadi terapi terbaik untuk penderita ADHD. Ketika anak bermain musik dalam sebuah band atau orkestra maka mereka juga bisa belajar bekerja sama dalam sebuah tim. 

  • Merawat Hewan 


Peliharaan Memberikan anak hewan peliharaan dan mengajarkan mereka merawatnya bisa membantu meningkatkan kesabaran anak. Selain itu, aktivitas ini juga bisa membantu melatih tanggung jawab serta disiplin anak. Ajarkan anak untuk memandikan, memberi makan, serta membersihkan kandang dengan teratur dan tepat waktu.

  • Berenang 

Renang menjadi aktivitas selanjutnya yang dianjurkan untuk penderita hiperaktif. Aktivitas renang membutuhkan fokus dan konsentrasi sehingga cocok untuk mereka yang hiperaktif. Selain itu, berenang juga mengharuskan anak untuk bekerja secara sistematis dengan kecepatan konstan agar tidak kehabisan energi. Hal tersebut penting karena dapat membantu anak untuk tidak terburu-buru dalam melakukan aktivitasnya. 

Itulah 3 aktivitas yang bisa Anda berikan pada anak hiperaktif untuk meningkatkan fokus dan kesabaran mereka. Selain menghadirkan kegiatan positif, Anda juga bisa memberikan nutrisi lebih lebih kepada anak usia di atas 1 tahun dengan susu Dancow Gum. Dengan aktivitas dan nutrisi yang baik maka tumbuh kembang anak akan lebih maksimal.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: