4 Tips Saat akan Menjual Kembali Koleksi Perhiasan Berlian

21.27 0 Comments

perhiasan berlian
Berbagai model perhiasan berlian memang tampak cantik dan mewah sehingga seringkali menjadi pilihan banyak orang terutama wanita untuk menjadi koleksi mereka. Namun setelah mengoleksi selama beberapa lama, ada kalanya Anda mulai bosan dan ingin mengganti model berlian yang Anda miliki dan ingin menggantinya dengan model baru atau mungkin Anda memiliki keperluan-keperluan yang membuat Anda harus menjual berlian tersebut. 

Ketika Anda memutuskan untuk menjual kembali koleksi berlian Anda, perhatikanlah hal-hal berikut agar Anda terhindar dari kerugian. 

Kenali berlian Anda


Ketika Anda hendak menjual, tentunya Anda sebagai pihak penjual harus mengetahui dengan baik seperti apa perhiasan berlian Anda. Pastikan Anda masih memiliki sertifikat dari berlian tersebut agar Anda dan pihak yang membelinya bisa mengetahui dengan jelas kualitas dan karakteristik dari berlian tersebut. 

Seperti dari segi potongan atau cut, warna atau colour, kejernihan atau clarity, serta carat dari berlian yang Anda jual. Dengan mengetahui karakteristik berlian Anda, Anda juga bisa mengetahui harga yang tepat untuk berlian tersebut. 

Melakukan riset harga berlian


Harga berlian di pasaran termasuk harga yang fluktuatif, yaitu bisa berubah-ubah karena berbagai faktor. Maka, sebelum Anda menjual berlian yang Anda miliki, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga berlian di pasaran saat ini karena bisa jadi harga berlian saat ini sudah berbeda dengan harga saat Anda membelinya dulu. 

Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menentukan harga yang realistis, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Jika Anda menjualnya ke toko, Anda juga sudah mengetahui harga berlian pasaran saat itu sehingga Anda bisa melepas berlian dengan harga yang tepat. Anda bisa melakukan riset harga berlian dengan mendatangi beberapa toko berlian atau berkonsultasi dengan teman atau kerabat Anda yang menjadi kolektor berlian. 

Pilih waktu yang tepat


Jika Anda tidak sedang dalam keadaan darurat dan ingin menjual berlian hanya karena bosan dan ingin mengganti model berlian yang Anda koleksi, maka sebaiknya Anda memilih waktu yang tepat untuk menjual berlian tersebut. 

Seperti yang sudah disampaikan di awal, berlian merupakan logam mulia yang kisaran harganya selalu fluktuatif. Harga berlian bisa naik atau turun dalam setiap bulannya dikarenakan pengaruh berbagai faktor. Maka, jika Anda tidak ingin mengalami kerugian yang terlalu besar saat menjual berlian, lebih baik tunggu waktu yang tepat saat harga berlian di pasaran sedang naik. Jangan menjual berlian ketika Anda tahu harga berlian sedang mengalami penurunan. 

Jual pada teman yang tertarik


Berlian yang sudah menjadi bentuk perhiasan sebenarnya tidak terlalu cocok untuk dijadikan investasi. Maka, ketika Anda menjualnya kembali ke toko, harga berlian tersebut umumnya bisa berkurang sekitar sepuluh hingga dua puluh persen dari harga awal saat Anda membelinya. 

Namun, ada cara lain jika Anda tidak ingin mendapatkan kerugian yang terlalu besar saat menjual berlian Anda. Misalnya Anda bisa menawarkan berlian tersebut pada teman atau kerabat yang tertarik dengan model berlian yang Anda miliki. Setidaknya, harga jual berlian bisa lebih besar jika Anda jual pada teman yang menyukai atau menginginkan berlian tersebut. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dan perlu diperhatikan saat Anda berencana untuk menjual koleksi perhiasan berlian Anda atau menukarkannya dengan model berlian yang lain. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

kampungan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: