10 Prospek Kerja Teknik Informatika di Era Digital

19.34 0 Comments



Era digital merupakan era yang mana segala aspek kehidupan bisa dijalankan secara digital. Saat ini kita sudah berada di era digital karena banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Beberapa aktivitas online yang paling populer yaitu belanja, transaksi perbankan, belajar, bahkan hingga bekerja. Pada era ini, lulusan jurusan Teknik Informatika diuntungkan. Pasalnya banyak sekali prospek kerja Teknik Informatika yang bermunculan dan bisa dimasuki oleh lulusannya. Berikut ini ada 10 pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika atau TI di era digital:

Programmer

Pada umumnya lulusan baru jurusan Teknik Informatika akan menjadi seorang programmer. Kebanyakan ahli IT pasti memulai karirnya sebagai pembuat aplikasi ini. Semakin majunya teknologi membuat programmer semakin dibutuhkan.



Cyber Security Analyst

Cyber security analyst termasuk profesi yang baru. Semakin meningkatnya penggunaan internet membuat kejahatan digital semakin tinggi. Oleh sebab itu dibutuhkan cyber security analyst untuk mencegah tindak kejahatan dunia maya. Mereka bertugas menguji sistem untuk mendapatkan celah, kemudian memberikan saran perbaikan pada programmer.

SEO Specialist

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan agar sebuah website berada di halaman utama mesin pencarian. Sama seperti cyber security analyst, profesi ini juga baru. Seiring penggunaan website yang semakin penting, perusahaan membutuhkan SEO Specialist sebagai sarana promosi.

Data Scientist

Data scientist juga sering disebut dengan Big Data. Tugasnya yaitu menganalisa data untuk dijadikan acuan pengambilan keputusan. Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist yaitu logika, statistik, dan bahasa pemrograman.

Full Stack Developer

Tugas seorang full stack developer yaitu mengembangkan pekerjaan yang berisi server, database, dan juga sistem engineering. Mereka yang menjadi seorang full stack developer harus memiliki kemampuan konsep dari teknologi yang baik.

Mobile Application Developer

Selain website, aplikasi berbasis mobile juga menjadi hal yang penting bagi perusahaan di era digital. Oleh sebab itu, lulusan Teknik Informatika berpeluang besar menjadi seorang mobile application developer. Tugasnya yaitu membuat aplikasi berbasis mobile yang siap dijalankan sesuai fungsi.

Database Administrator

Prospek kerja Teknik Informatika selanjutnya yaitu database administrator. Di era digital ini, setiap perusahaan bisa menyimpan data hingga puluhan hingga milyaran. Data tersebut harus diolah dengan baik agar mudah diakses oleh yang memiliki hak akses. Tugas database administrator yaitu merawat dan mengembangkan basis data dari perusahaan.

Game Developer

Game developer memiliki prospek yang menjanjikan seiring berkembangnya dunia game. Apalagi saat ini game tidak hanya menjadi permainan saja namun juga sudah masuk ke tingkat profesional.

Software Tester

Sesuai dengan namanya, profesi ini berkaitan dengan pengujian perangkat lunak. Mereka yang bekerja sebagai software tester harus bisa menguji kebenaran perangkat lunak yang dibuat.

Developer Sistem Intelligence

Prospek kerja terakhir dalam daftar ini adalah developer sistem intelligence. Sebagian besar dari Anda mungkin baru mengetahui profesi ini. Tugasnya yaitu membuat sebuah sistem yang menggunakan sifat intelegensi atau kecerdasan buatan.

Itulah 10 prospek kerja Teknik Informatika yang menjanjikan di era digital ini. Sebelum menjadi bagian dari dunia IT dan digital, Anda perlu menempuh pendidikan di jurusan Teknik Informatika terlebih dahulu. STMIK Bidakara dari IDS Digital College menawarkan jurusan TI untuk Anda yang berminat. Banyak kelebihan yang dimiliki seperti kurikulum internasional, sistem pembelajaran berdasarkan real world assignment atau sesuai dunia riil, dan lain sebagainya. Anda bisa melihat informasi lebih lengkapnya mengenai jurusan TI dari STMIK Bidakara di www.ids.ac.id

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: