Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak dengan Obat Alami

20.44 0 Comments

Batuk yang diderita Si Kecil secara terus menerus pasti akan membuat Anda merasa khawatir. Pasalnya hal tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah seperti gangguan tidur akibat batuk, rewel karena kurang tidur, tidak nafsu makan, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mencari obat batuk yang ampuh. Salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak yang bisa Anda pilih adalah dengan obat alami. 

Banyak ahli mengatakan bahwa obat alami lebih aman dan menyehatkan sehingga direkomendasikan untuk menyembuhkan batuk pada Si Kecil. Selain itu, obat alami juga mudah didapatkan karena termasuk bumbu masak atau tanaman obat keluarga. Langsung saja, inilah beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk:

Jahe

Jahe merupakan obat batuk alami yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu efek paling disukai dari jahe adalah efek melegakan pernapasan. Karena pernapasan yang lega, batuk bisa menjadi reda. Selain itu, jahe juga memiliki efek anti inflamasi yang bisa mengurangi batuk asma atau batuk kering. Anda bisa membuat air rebusan jahe agar diminum oleh Si Kecil.

Kunyit

Kandungan curcumin dari kunyit memiliki efek anti virus, anti inflamasi, serta anti bakteri. Obat alami satu ini sangat sering digunakan untuk menyembuhkan gejala batuk kering pada anak. Agar khasiatnya lebih beragam, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan bahan alami lain seperti garam, madu, dan lada hitam.

Kencur

Kencur memang memiliki rasa yang kurang sedap. Akan tetapi bahan ini menjadi salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak yang paling ampuh. Ambil sari kencur kemudian berikan pada Si Kecil saat masih hangat. Agar lebih mudah dicerna, Anda perlu menyaring kencur sebelum diberikan pada anak.

Madu

Madu merupakan obat alami yang memiliki banyak sekali khasiat, salah satunya yaitu meredakan batuk pada anak. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Berikan pada Si Kecil sebanyak 1-2 kali sehari untuk meredakan batuk serta mengencerkan dahak. Namun hindari pemberian madu pada anak di bawah satu tahun karena tidak direkomendasikan.

Makanan yang Mengandung Probiotik

Bukan hanya obat berbentuk minuman saja, Anda juga bisa memberikan obat berbentuk makanan. Anda direkomendasikan memberikan makanan yang mengandung probiotik pada anak yang sedang batuk. Probiotik bisa meningkatkan sistem imun Si Kecil sehingga mampu melawan infeksi penyakit atau alergi penyebab batuk. Miso soup adalah salah satu jenis makanan yang bisa Anda pilih.

Bunga Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh seringkali digunakan sebagai bumbu untuk membuat masakan. Sementara bagian bunganya bisa digunakan sebagai obat batuk dan sariawan. Caranya yaitu dengan merendam bunga belimbing wuluh pada air yang sudah mendidih. Berikan air saringannya pada Si Kecil secara rutin hingga batuknya reda.

Air Garam

Garam adalah bumbu dapur yang pasti ada di dapur Anda. Air garam diyakini bisa mengurangi dahak sekaligus batuk. Minta Si Kecil berkumur menggunakan air garam yang hangat. Pastikan Si Kecil sudah cukup umur ketika menggunakan cara ini agar air tidak tertelan.

Itulah beberapa obat alami yang menjadi salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak. Apabila batuk pada Si Kecil tidak kunjung sembuh, Anda perlu segera membawa mereka ke dokter. Sedangkan bagi para profesional di bidang nutrisi anak dan pediatri, Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Platform profesional tersebut dibangun untuk tenaga kesehatan yang ingin mendapatkan ilmu baru. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas mengenai Nutricia Professional pada website www.nutriciaprofessional.id.

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: