Perbedaan Gelang Berlian Asli dengan Gelang Moissanite

00.11 0 Comments


Perhiasan berlian masih menjadi primadona di kalangan wanita. Bukan hanya karena keindahannya, namun juga karena nilainya yang tinggi. Banyak wanita rela mengeluarkan budget besar untuk mendapatkan gelang berlian asli impiannya. Namun seiring dengan popularitas perhiasan berlian, semakin banyak oknum yang memanfaatkannya untuk meraih keuntungan. Berlian pada gelang diganti dengan moissanite yang lebih murah karena bisa dibuat di laboratorium.

Bagi orang awam, berlian asli dan moissanite memang tampak serupa. Jadi tidak heran jika banyak yang tertipu. Padahal sebenarnya moissanite memiliki kualitas yang jauh di bawah berlian asli. Agar tidak salah membeli, Anda wajib mengetahui perbedaan gelang asli dan moissanite, berikut di antaranya:

Bahan Pembuatan

Perbedaan berlian asli dengan moissanite yang pertama adalah bahan pembuatannya. Berlian merupakan karbon murni yang terbentuk di bawah permukaan Bumi dengan kedalaman sekitar 150-200 km. Butuh waktu sampai miliaran tahun untuk terbentuknya berlian. 

Sedangkan moissanite sebenarnya merupakan mineral silikon karbida yang pertama kali ditemukan pada tahun 1893 oleh ilmuwan Perancis bernama Henri Moissan. Ia menemukannya di reruntuhan meteor. Namun karena kelangkaannya, moissanite yang sekarang digunakan untuk gelang dibuat di laboratorium. 

Kekuatan

Gelang berlian asli memiliki tingkat kekuatan yang berbeda dengan gelang moissanite. Perlu Anda ketahui bahwa berlian adalah batu paling kuat di dunia. Lebih kuat dibandingkan batu populer lainnya seperti ruby, emerald, dan sapphire. Tingkat kekuatan berlian asli berada di skala 10 Mohs. 

Sedangkan moissanite memiliki tingkat kekuatan yang sedikit lebih rendah. Tingkat kekuatan batu ini yaitu 9,25-9,5 Mohs, masih bisa dibilang sebagai batu yang keras dan kuat. Itulah sebabnya banyak yang sulit membedakan berlian dan moissanite ini. Bahkan beberapa diamond tester yang disediakan toko perhiasan tidak mampu membedakan antara berlian dan moissanite

Kilauan

Jika diteliti dengan baik, kilauan yang dihadirkan oleh berlian berbeda dengan batu moissanite. Batu moissanite membutuhkan pemotongan yang berbeda agar kilauannya meningkat. Selain itu, moissanite memiliki pantulan cahaya warna-warni. Anda bisa melihatnya dengan cara memutar gelang di bawah cahaya. 

Sedangkan berlian menampilkan cahaya putih atau abu-abu yang tidak dipantulkan oleh moissanite. Sebenarnya berlian asli juga memiliki kilau pelangi. Namun hanya ahli gemologi profesional saja yang bisa melihatnya. Pasalnya kilauan pelangi tersebut berbeda dengan batu lain.

Harga

Perbedaan antara gelang berlian asli dan gelang moissanite sebenarnya sangat jelas terlihat dari harganya. Karena kualitasnya berbeda, harga moissanite lebih murah dibandingkan dengan berlian.  Pada kualitas yang sama biasanya harganya 10% lebih murah. Jadi berhati-hati ketika mendapatkan penawaran diskon dengan harga yang terlalu murah. 

Keberadaan Sertifikat

Cara paling mudah membedakan gelang asli dan moissanite adalah menanyakan keberadaan sertifikat. Pastikan Anda memilih gelang yang menawarkan sertifikat. Pasalnya sertifikat menjadi bukti bahwa gelang Anda asli. Cukup banyak laboratorium yang mengeluarkan sertifikat berlian, salah satu yang paling populer adalah GIA (Gemological Institute of America)

Itulah pembahasan mengenai perbedaan gelang berlian asli dengan gelang moissanite yang sangat mirip berlian. Selain mengetahui perbedaannya di atas, Anda juga wajib memilih toko yang kredibel dan terpercaya ketika akan membeli gelang. Mondial Jeweler adalah jawaban atas keinginan Anda.

Gerai perhiasan satu ini sudah berdiri sejak tahun 1979 dan menjadi bagian dari CMK (PT Central Mega Kencana). Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sertifikat keaslian berlian setiap melakukan pembelian gelang atau perhiasan lain. Mondial Jeweler menggunakan tiga tingkat penilaian yang tidak dimiliki oleh gerai lainnya. Lihat semua koleksi gelang aslinya di website www.mondialjeweler.com atau akun Instagram dan TikTok.

kampungan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: