Bagaimana Cara Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin

23.37 0 Comments

Bagaimana Cara Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin ! Genset atau generator set merupakan mesin generator gabungan antara generator listrik dan sebuah mesin penggerak. Menjadi dipadukan menjadi alat penghasil listrik. Dalam pengoperasian pada genset yaitu bahan yang digunakan seperti bensin, solar maupun gas.Biasanya alat ini digunakan oleh perusahaan, toko atau yang lain.

Tangki bensin yang lama tidak dibersihkan akan menjadi kotor dan membuat Genset tidak maksimal, lalu bagaimana cara menguras tangki bensin dengan baik dan benar agar kinerja Genset kembali normal?

.Tangki yang kotor dapat disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang rendah, seperti kandungan timbal yang tinggi sehingga menimbulkan kerak di dasar dan di dinding tangki. Air hujan yang mengandung asam pun juga beresiko menimbulkan karat di dalam tangki jika sampai merembes ke dalam tangki seperti jika Genset sering dibiarkan di luar ruangan dalam cuaca hujan deras.


Menguras tangki bensin sebaikanya dilakukan tiap 6 bulan sekali agar dinding bagian dalam tangki terbebas dari kotoran dan kerak, terutama jika Anda biasa mengisi bensin jenis premium.

Menguras tangki bensin sebaikanya dilakukan tiap 6 bulan sekali agar dinding bagian dalam tangki terbebas dari kotoran dan kerak, terutama jika Anda biasa mengisi bensin jenis premium.

Tangki bensin yang mengandung banyak kotoran dan air akan membuat bahan bakar mengalami penurunan kualitas sehingga ketika memasuki karburator atau komponen injeksi akan membuat proses pengabutan menjadi tersendat. Hal itu lah yang membuat Genset menjadi tersendat-sendat atau ngadat. Dalam kasus yang paling parah, Genset pun dapat mogok total dan sulit untuk dihidupkan kembali. Oleh karena itu lah, akan lebih baik jika tangki bensin rutin dikuras dan dibersihkan setidaknya setiap 3-4 bulan sekali, apalagi jika kerap terguyur air hujan langsung.


Lalu bagaimana caranya menguras tangki bensin dengan benar? Pertama, siapkan ember untuk menampung bensin. Lalu, lepaskan tangki dari rangka Genset, hati-hati untuk Genset karena lebih sulit melepaskan tangkinya. Tahap selanjutnya, lepaskan keran bensin dan pelampung bensin menggunakan kunci pas. Biarkan bensin mengalir melalui kedua celah tersebut dan tampung bensin di dalam ember. Karena bensin tidak dapat keluar sepenuhnya, maka balikkan tangki sehingga bensin keluar dari lubang tangki di atas.


Irsan Erlangga

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: