7 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Cincin Nikah

23.29 0 Comments



Dari banyaknya daftar yang harus Anda persiapkan untuk menyambut hari pernikahan, cincin pasti menjadi salah satu di antaranya. Bahkan cincin nikah bisa dibilang sebagai salah satu barang terpenting. Meskipun tampak sepele, namun memilih cincin juga membutuhkan pertimbangan. Terkadang ada banyak pertanyaan yang menghantui Anda dan pasangan sebelum membeli cincin. Agar tidak ragu membeli, simak 8 hal berikut ini sebelum membelinya:

Waktu yang Tepat Membeli cincin

Cincin pernikahan merupakan barang sakral yang akan digunakan selamanya. Oleh sebab itu, pastikan memilih cincin terbaik. Jika Anda membeli cincin 1 atau 2 bulan sebelum pernikahan, budget mungkin sudah berkurang oleh kebutuhan pernikahan lainnya. Akhirnya cincin yang dibeli seadanya saja. 

Untuk mendapatkan cincin terbaik, waktu yang tepat minimal 3 bulan sebelum pernikahan. Di waktu tersebut Anda mungkin juga bisa mendapatkan promo harga.



Siapa yang Akan Membeli Cincin

Jika mengikuti tradisi tradisional, calon pengantin pria lah yang seharusnya membelikan cincin nikah simpel. Namun di era sekarang, Anda dan pasangan bisa mendiskusikannya. Pria yang membelikan atau ditanggung berdua. Membeli bersama lebih direkomendasikan agar bisa memilih cincin sesuai selera Anda maupun pasangan. 

Harga Ideal Cincin yang Layak

Cincin sebaiknya jangan terlalu mahal karena bisa membuat budget pernikahan membengkak. Namun juga jangan terlalu murah dan kurang berkualitas karena akan digunakan selamanya. Harga cincin yang ideal adalah 3% dari seluruh budget pernikahan. Jika ingin menambah sedikit budget, Anda bisa mempertimbangkan kebutuhan pernikahan lainnya. Adakah hal yang bisa dihemat untuk menambah budget cincin atau tidak. 

Cincin Nikah Tidak Harus Senada dengan Cincin Tunangan

Beberapa pasangan menyesuaikan pilihan model cincin pernikahan dengan cincin pertunangan. Sebenarnya tidak ada keharusan memilih cincin yang senada. Sesuaikan saja dengan selera Anda maupun pasangan. Pasalnya jika memilih cincin yang senada, Anda seperti memiliki dua cincin yang sama. Jadi pilih cincin dengan desain berbeda agar perhiasan Anda lebih beragam.

Jenis Logam

Cincin nikah simpel menggunakan jenis logam yang beragam. Beberapa contohnya yaitu white gold, rose gold, yellow gold, serta platinum. Pertimbangkan pilihan jenis logam karena berpengaruh pada perawatan cincin nanti. Logam yang paling mudah dirawat adalah emas kuning dan platinum. Keduanya tidak membutuhkan perawatan khusus, tinggal dibersihkan saja. 

Model Cincin

Selanjutnya beralih ke model cincin yang cocok untuk Anda. Model paling umum yang banyak dipilih adalah model cincin band polos atau model solitaire dengan satu berlian. Jika memilih model yang simpel, mudah untuk menggabungkan dengan cincin tunangan. Sesuaikan saja dengan selera karena banyak model lain di pasaran yang tak kalah menarik. 

Model Cincin untuk Pria

Model cincin untuk wanita lebih beragam dibandingkan model cincin untuk pria. Agar aman, sebaiknya pilih model cincin nikah simpel untuk calon pengantin pria. Perlu Anda ketahui bahwa cincin pria dan wanita tidak harus identik sama. Jika memang setuju untuk memilih model identik, Anda bisa membeli cincin couple. Biasanya harga cincin couple juga lebih murah dibandingkan dengan cincin yang sendiri-sendiri. Cincin couple membuat Anda pasangan tampak kompak.

Itulah 7 hal yang perlu diketahui sebelum Anda dan pasangan membeli cincin nikah. Untuk mendapatkan cincin terbaik, Anda bisa membelinya di Mondial Jeweler. Hampir semua koleksi yang ditawarkan bertahtakan berlian asli yang indah. Ada desain simple untuk Si Minimalis hingga desain glamor untuk Si Percaya Diri. Langsung saja pilih sendiri cincin yang Anda inginkan dengan mengunjungi website www.mondialjeweler.com

Rizky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: